6 Perbedaan SSD dan Hardisk: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan
By: Date: April 28, 2020 Categories: Teknologi
6 Perbedaan SSD dan Hardisk Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

6 Perbedaan SSD dan Hardisk: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

6 Perbedaan SSD dan Hardisk Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

6 Perbedaan SSD dan Hardisk Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Hardisk atau yang sering kita sebut dengan harddisk adalah media penyimpanan komputer yang berfungsi menyimpan data-data baik itu file maupun sistem atau program-program yang ada pada komputer kita. Harddisk sangat penting bagi komputer kita, semakin besar harddisk kita semakin baik pula kinerja komputer kita.

Solid State Drive atau SSD adalah salah satu media penyimpanan selain harddisk. SSD dan Hardisk memiliki fungsi yang sama yaitu sebagi media penyimpanan. Mana yang lebih baik? Tentu saja, jika dilihat dari perkembangannya lebih baik SSD. Karena SSD sendiri merupakan pengembangan dari teknologi Harddisk, jadi tentu saja lebih bagus dari SSD tinggi hardisk karena semakin hari teknologi semakin berkembang.

SSD itu mirip dengan hardisk . Yang tidak SSD tidak seperti pada lapisan seperti hardisk . SSD menyimpan datanya pada chip chip memory flash yang saling terhubung satu sama liannya. Memori flash yang digunakan SSD memiliki kecepatan yang tinggi, lebih tinggi jika dibandingkan dengan hardisk . Sayangnya harga SSD jauh lebih mahal dari hardisk , oleh karena itu kalian harus pikir-pikir dulu sebelum membelinya. Namun tidak ada salahnya membeli, karena performanya sebanding dengan harganya, dan pastinya tidak akan mengecewakan.

Perbedaan SSD dengan Hardisk

Tentu hardisk dan SSD terbilang mirip, namun kedua penyimpanan ini juga memiliki perbedaan lho, kali ini saya akan mengulas tentang 6 perbedaan antara hardisk dan SSD yang bisa dijelaskannya, apa saja perbedaan itu? Silahkan simak review saya berikut ini.

1. Ukuran dan Berat

Dilihat dari ukuran dan berat hardisk dan SSD memiliki perbedaan yang cukup mencolok, dimana SSD memiliki ukuran yang kecil dan ramping, bandingkan dengan hardisk yang memiliki komponen dan material seperti platter, head, dan komponen-komponen lainnya yang memengaruhi ukuran dan berat dari hardisk . hardisk sangat tergantung pada putaran piringan, hal ini memang ukuran hardisk tidak bisa diperkecil.

Berbeda dengan hardisk , SSD tidak menggunakan piringan sehingga ukuran SSD dapat diperkecil. SSD sekarang sudah mencapai ukuran yang kecil yaitu 2,5 inchi. Seiring dengan perkembangan teknologi, ukuran SSD semakin kecil, menyesuaikan dengan ukuran laptop dan tablet PC yang semakin banyak digunakan, oleh karena itu SSD kini semakin populer.

2. Kecepatan Baca dan Tulis Data

Perbedaan yang paling signifikan antara hardisk dan SSD adalah kecepatannya dalam membaca atau menulis data. Seperti yang sudah kalian ketahui, SSD memiliki kecepatan yang sangat tinggi, bahkan kecepatan mengolah data pada SSD 8 kali lebih cepat dari hardisk . Proses booting pada PC atau laptop anda juga terkait dengan penggunaan media penyimpanan lho.

Komputer kalian yang menggunakan hardisk sebagai media penyimpanan akan mengalami proses booting yang lumayan lama, sampai beberapa menit. Sementara komputer yang menggunakan SSD sebagai media penyimpanan sudah tersedia booting yang cepat, hanya beberapa detik saja, tidak sampai 1 menit. Hal ini susah SSD tidak menggunakan piringan yang gagah kemampuannya.

3. Komponen dan Prinsip Kerja

hardisk dan SSD memiliki komponen dan prinsip kerja yang berbeda. HHD atau Harddis Drive terbuat dari komponen elektronik dan komponen mekanik, bagian pada pada hardisk terdiri atas piringan, motor dan lengan yang berhubgan dengan piringan.

Proses yang terjadi pada hardisk yang disebabkan adanya sinergi antara aktivitas mekanik dan elektrik, dimana piringan diputar oleh motor dan ujung dari lengan yang terhubung pada komponen elektrik yang mengolah data yang menempel pada piringan yang berputar dan melakukan aktifitas pengolahan data (membaca dan menulis).

Sedangkan SSD hanya terdiri dari komponen elektronik micro chip, intergrated circuit atau lebih yang lebih dikenal IC, dan berbagai komponen elektronik pendukung lainnya. Cara kerja SSD berbeda dengan hardisk , semua proses pengolahan data pada SSD dilakukan secara elektrik sama seperti proses FD dan RAM.

4. Efek yang Ditimbulkan

hardisk memiliki dua komponen yaitu elektrik dan mekanik, karena memiliki komponen mekanik hardisk menghasilkan efek samping yang buruk yaitu:

Panas yang berlebihan
Boros listrik
Putaran pada piringan menimbulkan suara bising atau gemuruh yang tinggi

Sedangkan pada SSD hanya terdiri dari komponen elektronik, karena hanya dihasilkan efek samping:

Panas, tapi tidak setinggi pada hardisk
Hemat listrik, karena hanya membutuhkan listrik atau daya kurang dari 1 watt, beda dengan hardisk yang membutuhkan daya hingga 10 watt
Tidak Berisik, karena tidak menggunakan piringan, SSD tidak ada suara seperti pada hardisk .

5. Harga

hardisk dijual dengan harga yang cukup terjangkau, untuk 1 hardisk berkapasitas 1TB memiliki harga kisaran 600-700 ribu rupiah, untuk SSD harganya sangat mahal, dengan uang 600-700 ribu kalian hanya bisa mendapatkan SSD dengan kapasitas 120 GB, menurut saya harga ini sebanding dengan performa yang diberikan oleh SSD, jadi kalian yang lebih mengutamakan kecepatan pastinya tidak akan menyesal.

6. Fragmentasi

Apa itu fragmentasi? Fragmentasi adalah keadaan dimana suatu file atau data yang diletakan pada media penyimpanan tidaklis. hardisk memiliki bentuk spiral dan sangat baik digunakan untuk menyimpan file-file yang berukuran besar yang ada pada blok-blok yang saling berdekatan.

Apakah fragmentasi berakibat buruk bagi hardisk ? Yah tentu saja, akibat dari fragmentasi, kinerja dari sebuah hardisk bisa menurun. Untuk mengembalikan hardisk ke keadaan semula, kita harus melakukan defrag. Beda dengan hardisk , SSD tidak akan mengalami defrag, karena data pada sebuah SSD disimpan pada sebuah chip flash.

Itulalah perbedaan ssd dan hardisk, bagaimana menurut kalian? Kalian lebih pilih yang mana? Bagi yang punya

dana lebih pastinya lebih memilih SSD dong, tapi kalo mislanya tidak punya ya tidak apa-apa, fungsinya juga sama, jangan berkecil hati.

Sebelum membeli atau memilih antara hardisk dan SSD kalian harus berpikir dengan baik baik baik tida. Mungkin cukup sekian review dari saya tentang 6 Perbedaan hardisk dan SSD, semoga yang saya tulis ini bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya, dan bila ada yang ingin ditambah juga silahkan di kolom komentar.

Sumber:

https://youtubers.id/