Arsitektur Telematika
By: Date: May 8, 2020 Categories: Pendidikan
Arsitektur Telematika

Table of Contents

Arsitektur Telematika

Arsitektur Telematika

Arsitektur Telematika

Arsitektur mengacu pada desain sebuah aplikasi, atau dimana komponen yang membentuk suatu sistem ditempatkan dan bagaimana mereka berkomunikasi. Jadi secara sederhana arsitektur telematika yaitu sebuah struktur desain yang secara logis dapat meningkatkan hubungan jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.

Arsitektur sisi Client ?

Arsitektur Cien merujuk pada pelaksaan atau penyimpanan data pada browser (atau klien) sisi koneksi HTTP. Java Script adalah sebuah contoh dari sisi klien eksekusi dan cookues adalah contoh dari sisi klien penyimpanan. Karakteristik klien :

–          Memulai terlebih dahulu permintaan ke server

–          Menunggu dan menerima balasan

–          Terhubung ke sejumlah kecil server pada waktu tertentu

–          Berinteraksi langsung dengan penggunaan akhir, dengan menggunakan GUI.

Arsitektur sisi Server ?

Sebuah eksekusi sisi server adalah server web khusus eksekusi yang melampaui standart metode HTTP itu harus mendukung. Sebagai contoh, penggunaan GUI script sisi server khusus tag tertanam dihalaman HTML, tag ini memicu tindakan atau program untuk mengekusi. Karakteristik server :

–          Selalu menunggu permintaan dari salah satu klien.

–          Melayani klien permintaan kemudia menjawab dengan data yang diminta ke klien.

–          Sebuah server dapat berkomunikasi dengan server lain untuk melayani permintaan klien.

–          Jenis-jenisnya yaitu : web server, FTP server, database server, E-mail server, File server, Print server. Kebanyakan web layanan ini juga jenis server.

Layanan Informasi Telematika ?

Layanan telematika yang pertama adalah layanan informasi. Pada layanan ini telematika menggabungkan sistem komunikasi dengan kendaraan yang bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi yang disebut GPS, Layanan ini menyatukan sistem komunikasi dengan kendaraan seperti mobil untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Contoh dari layanan informasi tersebut adalah sebagai petunjuk jalan. Dan beberapa contoh lainnya adalah :

  1. M – Commerce
  2. VOD
  3. News and weather
  4. Telematik Terminal
  5. Jasa pelayanan internet
  6. Informasi lalu lintas terbaru

Layanan Keamanan Telematika ?

Layanan keamanan adalah suatu yang sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Sistem dari keamanan ini juga membantu untuk mengamankan jaringan tanpa menghalangi penggunaannya dan menempatanya. Jika ketika jaringan berhasil ditembus. Keamanan jaringan di sini adalah memberikan peningkatan keamanan tertentu untuk jaringan serta untuk memantau dan memberikan informasi jika sesuatu berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan. Seperti contohnya dengan menggunakan Firewall dan juga anti virus yang ada.

Sumber : https://dolanyok.com/seva-mobil-bekas/