Awal Kedatangan Bangsa Eropa ke Selandia baru
By: Date: July 13, 2020 Categories: Kucing

Awal Kedatangan Bangsa Eropa ke Selandia baru

Aotearoa (seringkali diterjemahkan sebagai “tanah berawan putih panjang”) adalah nama Māori untuk Selandia Baru, dan juga digunakan dalam Bahasa Inggris Selandia Baru. Tidak diketahui apakah Māori punya nama untuk seluruh wilayah negara ini sebelum tibanya orang Eropa, jelas bahwa pada mulanya Aotearoa hanya merujuk Pulau UtaraAbel Tasman melihat Selandia Baru pada tahun 1642 dan menyebutnya Staten Landt, dengan anggapan bahwa wilayah ini terhubung dengan daratan besar yang bernama sama di ujung selatan Amerika Selatan. Pada tahun 1645 para kartografer Belanda mengubah namanya menjadi Nova Zeelandia, diambil dari nama salah satu provinsi Belanda, Zeeland. Penjelajah asal Britania James Cook kemudian menginggriskan nama tersebut menjadi “New Zealand”, atau Selandia Baru dalam bahasa Indonesia.

Bangsa Eropa terkenal oleh penjelajahan samuderanya yang awalnya dipelopori oleh Portugis dan Spanyol menyusul Inggris,Belanda dan negara-negara lainnya.

Adapun faktor yang mendorong mereka melakukan penjelajahan yaitu adanya semangat reconguesta yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan islam dimanapun yang dijumpainya sebagai tindak lanjut dari perang salib selain itu ada semangat glory(kejayaan),gospel(menyebarkan agama) dan gold(mencari kekayaan).

Kedatangan bangsa Eropa ke Selandia baru tidak dapat dipisahkan dari usaha mereka untuk menemukan Terra Australis Incognita atau tanah asing di selatan dan orang Eropa yang berlayar ke dunia timur secara tidak sengaja menemukan Selandia baru.

Sumber :

http://rahmad.blog.unismuhpalu.ac.id/jasa-penulis-artikel/