Ayam, Marmut, Dan Harimau (India)

Seekor ayam sedang mencari makan. Ia terus saja berjalan, hingga ia tersesat. Namun, ayam itu tak peduli. Baginya yang terpenting adalah mendapatkan makanan Saat ayam merasa lelah, matanya langsung berbinar. Ya, ia melihat hamparan ladang yang dipenuhi dengan makanan.

“Wah, akhirnya aku menemukan makanan,” ayam itu girang.

Ayam lalu makan sepuasnya. Ia merasa senang. Rupanya, ladang itu tak ada pemiliknya Ia tahu hal itu setelah beberapa hari tinggal di sana.

“Sekarang, akulah pemilik ladang ini,” ucap Ayam. Kini hidup Ayam berkecukupan. Ia bisa makan tanpa haws lelah mencari makanan sampai jauh.

Namun, hari ini ayam ingin pergi. Ia bosan tinggal di ladang terus menerus. Maka kemudian ia pergi ke padang rumput untuk melepas kebosanannya.

Beberapa saat kemudian, Ayam kembali lagi ke ladangnya. Olala… di sana sudah ada marmut yang sedang asyik menikmati makanan.

“Hei, sedang apa kau di ladangku?” seru Ayam.

“Kata siapa ini ladangmu? lni adalah ladangku,” sangkal Marmut.

Mereka terus saja bertengkar memperebutkan ladang itu. Hingga hari sudah mulai sore, mereka lelah untuk bertengkar.

“Lebih baik kita temui harimau untuk meyelesaikan masalah ini. Ia adalah binatang yang bijak,”ajak Marmut.

“Baiklah, aku yakin aku yang akan menang.” jawab Ayam.

Mereka berdua lalu menemui harimau. Harimau senang sekali dengan kedatangan mereka, sebab Harimau sedang kelaparan.

Ayam dan Marmut lantas menceritakan masalahnya. Harimau pura-pura mendengarkannya.

“Coba kalian ceritakan lebih dekat denganku. Telingaku sudah agak tuli sehingga tak bisa mendengar dengan baik,” ucap Harimau.

Ayam dan Marmut mendekat kepada Harimau. Saat itu juga, Harimau langsung menerkam keduanya. ltulah Harimau, mengambil keuntungan dari pertengkaran hewan lain.

Baca Juga :