Biografi Wilhelm Eduard Weber : Teoritikal Fisikawan

Biografi Wilhelm Eduard Weber

Wilhelm Eduard Weber (24 Oktober 1804 – 23 Juni 1891) adalah seorang teoritikal fisikawan. Ia dilahirkan di Wittenberg dan merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya merupakan salah seorang profesor di bidang teologi. Pada tahun 1815, ayahnya dipindahtugaskan dari Universitas Wittenberg ke Universitas Hale. Setelah ayahnya meninggal dunia, ia dimasukkan ke panti asuhan Asylum dan bersekolah di Grammar School di Hale dan memperoleh gelar Doktor pada Universitas Hale dan menjadi profesor di bidang filosofi alami.
Pada tahun 1831, atas rekomendasi dari Gauss, ia dipanggil ke Gottingen untuk menjadi profesor fisika dan mengajar di sana. Ia bersama adiknya, Ernst Heinrich Weber, yang merupakan Profesor bidang Anatomi di Leipzig, menulis buku yang berjudul Wave Theory and Fluidity yang menjadi best seller pada masa itu. Ia dan adiknya mempublikasikan kembali beberapa artikel, di antaranya, Poggendorffs Annalen, Schweigger’s Jahrbucher fur Chemie und Phsyik, dan artikel musik “Carcilia”.
Pada tahun 1833, ia dan Gauss melakukan percobaan elektromagnetik pertama yang dilakukan di institut fisika di Gottingen. Salah satu penemuannya yang terpenting, yaitu Atlas de Erdmagnetismus (“atlas of geomagnetism”), merupakan seri peta magnet. Pada tahun 1864, ia dan Gauss mempublikasikan proposal mengenai pengukuran elektrodinamika yang merupakan sistem pengukuran arus listrik.
Weber meninggal dunia pada tanggal 23 Juni 1891 di Gottingen dan dikuburkan pada pemakaman yang sama dengan Max Planck dan Max Born. Satuan Internasional (SI) fluks magnetik, Weber (Wb), dinamai sesuai namanya.