CABANG PERUSAHAAN DAN LOKASI PERUSAHAAN
By: Date: August 5, 2020 Categories: Fashion

CABANG PERUSAHAAN DAN LOKASI PERUSAHAANCABANG PERUSAHAAN DAN LOKASI PERUSAHAAN

            Di muka telah dijelaskan pemilihan lokasi perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi. Dari uraian tersebut jelas, bahwa lokasi perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor ekonomi menekankan kepada rentabilitas perusahaan. Jadi lokasi perusahaan pada tempat di mana diperoleh keuntungan yang lebih besar.

            Sekarang akan dijelaskan hubungan lokasi perusahaan dengan cabang perusahaan yaitu bagaimana lokasi perusahaan dipengaruhi oleh cabang perusahaan. Cabang perusahaan ada lima golongan yaitu :

  1. Agraris

Perusahaan yang bekerja di lapangan agraris, lokasi perusahaan dipengaruhi oleh keadaan alam. Perkebunan teh misalnya ada di daerah pegunungan, demikian juga perusahaan sayur-mayur memilih lokasi perusahaannya pada tempat yang agak tinggi dari permukaan air laut seperti Berastagi di Sumatera Utara, Sarangan di Jawa Tengah.

Meskipun dewasa ini manusia telah dapat menguasai sebagian dari alam, namun perusahaan yang bersifat agraris akan lebih menguntungkan bila memilih lokasi di daerah yang sesuai dengan iklim.

  1. Ekstraktif

Perusahaan yang bekerja di lapangan pertanian, atau bekerja di lapangan Ekstraktif lokasinya dipengaruhi oleh alam. Perusahaan pertambangan, cenderung memilih lokasi perusahaan di mana kedapatan bahan pertambangan. Lokasi perusahaan garam di Rembang sangat terpengaruh kepada keadaan alam.

  1. Perniagaan

Ada dua macam perniagaan, yaitu perniagaan mendistribusikan dan perniagaan mengumpulkan. Perniagaan mengumpulkan lokasi perusahaannya mendekati tempat para produsen, misalnya  perusahaan yang membeli daun tembakau basah dari petani Yogyakarta, berada didekat para penanam tembakau. Perusahaan pembeli kopra  umumnya dekat pada daerah penanaman kelapa.

Bila perniagaan bersifat mendistribusikan, lokasi perusahaan mendekati konsumen, seperti koperasi konsusi tidak jauh dari daerah pembelinya.

  1. Industri

Pada perusahaan yang bersifat industri,   banyak faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pemilihan lokasi perusahaan. Faktor-faktor tersebut yakni bahan mentah, tenaga kerja, daerah konsumen, lembaga-lembaga kredit, masing-masing memegang peranan, oleh sebab itu pada saat pemilihaan lokasi perusahaan industry, harus dilakukan perhitungan yang teliti untuk mendapatkan lokasi yang paling menguntungkan. Penetapan LP dilakukan baik secara kualitatif ataupun kuantutatif.

  1. Pemberi Jasa

Perusahaan yang memberikan jasa, di mana faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan perniagaan perniagaan yang mendistribusikan hampir bersamaan, pada umumnya memilih lokasi dekat pada konsumen yang membutuhkan jasanya. Pabrik padi kedapatan di tengah-tengah sawah, rumah sakit di daerah perkotaan, lembaga kredit di pusat kota

Sumber :

https://pulauseribumurah.com/xiaomi-luncurkan-mi-5x/