Cara Menanam dan Merawat Jambu Kristal Dalam Pot Hingga Panen
By: Date: August 5, 2020 Categories: Umum
Cara Menanam dan Merawat Jambu Kristal Dalam Pot Hingga Panen

Cara Menanam dan Merawat Jambu Kristal Dalam Pot Hingga PanenCara Menanam dan Merawat Jambu Kristal Dalam Pot Hingga Panen

Budidaya jambu kristal semakin diminati oleh masyarakat. Selain harga jual jambu kristal yang cukup menggiurkan, cara perawatan jambu kristalpun tergolong cukup mudah. Tak perlu memiliki lahan yang luas untuk dapat memulai menanam jambu kristal. Bidang tanah pada pekarangan rumah pun bisa anda sulap menjadi kebun jambu kristal mini. Namun bagi anda yang tidak memiliki bidang tanah tak perlu khawatir, alternatif untuk membudidayakan jambu kristal bisa anda lakukan dengan tabulampot atau tanam buah dalam pot. Untuk dapat memulai tabulampot jambu kristal, mari simak beberapa tahapan berikut ini.

Budidaya Tabulampot Jambu Kristal

Jambu kristal termasuk kedalam tanaman buah tropis, namun bukan berarti tanaman ini tidak dapat tumbuh pada daerah sub-tropis. Tanaman jambu kristal dapat bertahan dan tumbuh dengan baik pada daerah dengan curah hujan 1000-200mm/tahun dengan tingkat kelembaban suhu yang rendah.

Selain itu pertumbuhan jambu kristal juga dipengaruhi oleh intensitas angin untuk membantu penyerbukan bakal buah nantinya. Namun daerah dengan intensitas angin yang tinggi juga tidak bagus, hal ini dapat membuat kerontokan buah nantinya.

Tanaman jambu kristal termasuk tanaman yang menyukai cahaya matahari. Cahaya matahari dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan buah dan batang. Kekurangan sinar matahari dapat membuat pertumbuhan jambu kristal terhambat dan tanaman menjadi kerdil. Jambu kristal dapat tumbuh optimal pada suhu antara 23-28 derajat Celcius.

cara merawat tabulampot jambu kristal

Pemilihan Bibit Jambu Kristal Yang Tepat
Terdapat beberapa cara dalam mendapatkan bibit jambu kristal. Anda dapat membeli bibit yang sudah tumbuh pada toko pertanian atau penjual bibit tanaman buah. Cara lainya adalah dengan membuat sendiri bibit jambu kristal dengan 2 cara yaitu :

Menanam langsung dari biji buah jambu kristal, dengan cara ini memang bibit yang dihasilkan membutuhkan waktu yang realtif lebih lama. Namun cara ini banyak dipilih untuk mendapatkan bibit dalam jumlah banyak.
Bibit jambu kristal hasil cangkok atau stek, anda juga dapat membuat bibit jambu kristal dari hasil mencangkok batang indukan. Cara ini tergolong cukup mudah dan relatif lebih cepat, namun jumlah bibit yang dihasilkan terbatas.

Sumber: https://menitpertama.id/tonggak-id-hadirkan-bank-data-masalah-di-indonesia/