Cara Merawat Kucing Persia Hamil
By: Date: June 30, 2020 Categories: Kucing
Cara Merawat Kucing Persia Hamil

Cara Merawat Kucing Persia Hamil

Cara Merawat Kucing Persia Hamil

Kehamilan berlangsung sekitar 63-65 hari atau sembilan minggu. Tanda kucing hamil dapat didiagnosis oleh dokter hewan menggunakan palpasi sekitar tiga hingga empat minggu atau menggunakan ultrasound.

1. Jaga Kucing Agar Selalu Dalam Ruangan

Jangan membiarkan kucing persia yang hamil bermain diluar rumah karena bisa membahayakan kucing tersebut. Beberapa kucing akan mengalami panas saat kehamilan.

Oleh karena itu, tetap jaga kucing anda jangan biarkan melahirkan di tempat yang dingin di luar sana.

2. Berikan Makanan yang Tepat

Makanan untuk kucing persia yang lagi hamil, harus mengandung kalsium tinggi dan protein agar dapat memenuhi kebutuhan kucing hamil dan menyusui.

Selain itu, dianjurkan juga untuk mendapat asupan suplemen dan vitamin untuk kucing persia Anda.

3. Jangan Berikan Obat Selama Masa Kehamilan

Seekor kucing hamil harus mendapatkan obat hanya dalam keadaan darurat. Selain itu jangan berikan obat sembarangan karena berbahaya untuk janin, segera bawa ke dokter hewan jika sakit berkepanjangan.

4. Buatkan Kandang atau Tempat yang Nyaman

Tempatkan kucing persia Anda di tempat yang hangat dan nyaman. Pisahkan dengan teman kucing yang lain, karena saat hamil muda biasanya lebih sensitif.

Tempatkan area kandang di tempat yang tidak bising agar bisa istirahat dengan tenang dan nyaman.

5. Pisahkan Kucing Persia Anda Saat Hamil

Kalau Anda memiliki labih dari satu kucing, sebaiknya jangan campur dengan kucing lain selama masa kehamilan agar tidak bertengkar dan bisa berakibat buruk.

6. Pasir Zeolit Sebagai Alas Kandang

Fungsi dari pasir zeolit ini adalah untuk melahirkan. Pasir zeolit berwarna hijau keabu-abuan, pasir ini bagus untuk melahirkan karena tidak menggumpal dan tidak menempel di anak kucing persia nantinya.

7. Rutin Periksa Ke Dokter Hewan

Jika ingin merawat kucing persia yang sedang hamil, Anda harus rajin periksa kesehatan kucing, untuk mengetahui kondisi janin dan kesehatannya.

Jika Anda melihat tanda-tanda yang tidak baik pada kucing, segera bawa ke dokter hewan terdekat, berikut adalah tanda-tanda bahaya yang biasa terjadi.

  • Sulit bernafas: gejala ini biasa terjadi saat kucing sedang flu dan ada masalah dengan kehamilannya.
  • Keluar cairan dari jalan lahir: Jika cairan keluar sebelum usia kehamilan 65-70 minggu kemungkinan terjadi keguguran. Namun jika sesudah usia janin lebih dari 65-70 minggu maka ada kemungkinan akan melahirkan.
  • Menjilati vulva: Saat kucing persia yang hamil terlihat stress dan menjilati vulva, segera bawa ke dokter hewan, bisa jadi ada infeksi pada area vulva.

Sumber: https://worldfreeweb.com/