Definisi Telematika
By: Date: May 8, 2020 Categories: Pendidikan

Table of Contents

Definisi Telematika

Definisi Telematika

Definisi Telematika

Definisi Telematika ?

Berikut beberapa definisi yang saya dapat dengan browsing melalui internet dan saya mengambil sebuah kesimpulan bahwa telematika atau telekomunikasi dan informatika adalah cabang teknologi informasi berhubungan dengan trasmisi jarak jauh yang terkomputerisasi. Telekomunikasi merupakan perpaduan antara komputer dan jaringan nirkabel yang memudahkan penyaluran informasi, misal pada fungsi bisnis atau pemerintahan yang berhubungan dengan pelayanan publik. istilah telematika  sering digunakan dalam berbagai bidang seperi : transportasi, teknologi , pemerintahan, ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya. contoh dari telematika yang paling mudah dipahami adalah internet, karena bergantung pada sejumlah komputer yang terhubung secara global melalui telekomunikasi.

Perkembangan Telematika ?

Perkembangan telematika saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Pada segi hardware, telah banyak bermunculan produk-produk IT muktahir yang lebih kecil, cepat dan efesien dengan format-format unik yang berbeda. Misalnya saja teknologi perakitan prosessor yang sudah bisa memfrabikasi hingga ukuran 40nm, telepon selular dengan koneksi wifi, notebook dengan ukuran yang lebih kecil sehingga memudahkan keleluasaan mobolitas bagi penggunanya serta tidak kalah penting adalah tersedianya akses hotspot dimana-mana sehingga hampir semua orang dapat mengaksesnya. Masyarat-pun bisa dengan mudah mengakses internet dari rumah maupun kantor dengan jaringan broadband yang menyediakan bermacam-macam penyediaan jasa internet. Murahnya jasa penyedian internet dirasa semakin cepat telematika ini berkembang. Akses masyarakat terhadap internet pun dirasa sangat mudah yang dapat mengakses internet dimana saja dan kapan saja.

Tren Telematika ke Depan ?

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komputer atau biasa disebut dengan TIK juga tidak kalah dengan perkembangan telematika saat ini. Perangkat komputasi berskala terabyte, penggunaan multiprocessor, penggunaan memory dengan multi slot serta peningkatan kapasitas harddisk multi terabyte akan banyak bermunculan dengan harga yang masuk akal dan tentunya mudah dibawa kemana-mana. Komputasi berskala terabyte ini akan didukung dengan akses wireless dan wireline dengan akses bandwidth yang mencapai terabyte pula. Hal ini mengakibatkan pertumbuhan faktor baru dari perkembangan teknologi. Antarmuka pun sudah semakin bersahabat, lihat saja sebagai contoh Microsoft, desktop Ubuntu, GoogleApps, dan lain-lain semua berlomba menampilkan antarmuka yang terbaik dan lebih bersahat dengan kecepatan akses yang semakin tinggi. Hal ini yang sudah ditunjang oleh search engine yang semakin cepat mengumpulkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Sumber : https://newsinfilm.com/seva-mobil-bekas/