Disdik Petakan Model Sekolah Digital

Disdik Petakan Model Sekolah Digital

Disdik Petakan Model Sekolah Digital

Untuk merealisasikan rintisan sekolah digital, persiapan terus dilakukan

untuk tingkatan SMP di Kabupaten Bogor. Pengawas bahkan sudah menjadwalkan untuk melakukan studi banding ke SMPN 1 Gunung Putri, yang disebut sudah sejak lama menerapkannya.

”Sekolah tersebut (SMPN 1 Gunung Putri, red) sudah mendekati sebagai sekolah digital. Maka kita akan melihat langsung kondisinya,” ungkap Korwas Disdik Kabupaten Bogor, Itang Cintaka, seperti yang dilansir dari Web Disdik.

Selain mengagendakan kunjungan ke SMPN 1 Gunung Putri, Itang mengaku jika pihaknya sedang melakukan pemetaan terhadap sekolah yang nantinya diproyeksi menjadi model percontohan sekolah digital.

Ada empat indikator persyaratan menjadi sekolah model yaitu ketersediaan

perangkat pendukung, sumber daya manusia, teknis tata kelola, dan rencana program jangka panjang sekolah.

“Identifikasi kebutuhan nantinya disiapkan secara bertahap, baik meliputi sarpras dan perangkat pendukung lainnya yang akan dianggarkan pemerintah daerah,” kata Itang.

Namun, diakui Itang, yang menjadi kendala besar dalam penerapan sekolah digital adalah ketersediaan sarana dan prasarana, sehingga nantinya hanya beberapa sekolah yang ditunjuk sebagai model sekolah digital percontohan.

Kasubag Program dan Pelaporan Disdik Kabupaten Bogor, Acep Hasbullah mengungkap

, tindak lanjut perangkat pendukung bisa diajukan sekolah, atau hasil dari identifikasi tim pengawas.

“Maka dari itu, kita akan membuat sekolah rintisan yang di Surat Keputusan Kadisdik. Selanjutnya jika memang sudah siap, baru ditetapkan Bupati Bogor. Di mana dengan begitu, penganggaran perangkat pendukung bisa dilakukan pada APBD,” ucapnya.(*/mer/a)

 

Sumber :

https://jeffmatsuda.com/