Flora Di Indonesia
By: Date: July 11, 2020 Categories: Pendidikan
Flora Di Indonesia

Flora Di Indonesia

Flora Di Indonesia

Faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora di Indonesia antara lain:

  • Iklim, terutam pengruh suhu udara dan curah hujan. Suhu akan berpengaruh terhadap jenis tumbuhan yang mampu hidup di suatu daerah. Daerah yang curah hujan tinggi biasanya memiliki jenis tanaman yang lebat.
  • Keadaan tanah, keadaan tanah yang berbeda akan menentukan jenis flora yang hidup disuatu daerah.
  • Relief tanah, relif tanah sangat penting artinya terhadap berbagai variasi (panas, sedang, sejuk dan dingin), sehingga menimbulkan tumbuhnya berbagai jenis tumbuhan karena kecocokan suhu.

Jenis-jenis flora di Indonesia

1)   Hutan hujan tropis. Hutan ini merupakan hutan rimba yang memiliki hutan lebat. Jenis hutan ini banyak terdapat di daerah tropis atau daerah yang mengalami hujan sepanjang tahun. Hutan ini sering disebut dengan hutan heterogen, karena tumbuhannya terdiri dari berjenis-jenis pohon. Jenis hutan ini banyak terdapat di Pulau Sumatera, Kalimantan dan Irian.

2)   Hutan musim. Jenis hutan ini sering disebut dengan hutan homogeny,karena tumbuhannya hanya terdiri dari satu jenis. Hutan ini bercirikan gugurnya daun-daun pohon di hutan pada musim kemarau. Seperti: hutan jati, cemara dan pinus. Jenis hutan ini banyak terdapat di wilayah Indonesia bagian tengah.

3)   Hutan bakau. Pohon-pohon hutan ini memiliki akar yang menjulang di atas permukaan air laut pada waktu air laut surut dan terendam pada waktu air laut pasang. Akar pohon bakau dapat menahan hantaman ombak air laut. Hutan ini banyak tumbuh di dataean rendah dan di pantai yang banyak lumpurnya. Hutan bakau banyak tumbuh di daerah timur Sumatera, pantai Riau, dan pantau Pulau Jawa.

4)   Stepa (padang rumput). Stepa merupakan lahan yang ditumbuhi rumput-rumput tanpa pepohonan lainnya. Jenis padang rumput ini banyak terdapat di daerah yang curah hujannya sedikit atau yang mengalami kemarau cukup panjang. Daerah ini biasanya digunakan sebagai lahan peternakan. Di Indonesia stepa banyak terdapat di Sumbawa, Flores dan Timor.

5)   Sabana. Sabana memiliki cirri daerah padang rumput yang kuas dengan diselingi pohon-pohon atau semak-semak disekitarnya. Daerah ini mengalami musim kemarau yang panjang dan bersuhu panas. Di Indonesia sabana terdapat di Nusa Tenggara, Madura dan di dataran tinggi Gayo (Aceh).

6)   Padang lumut. Padang lumut terjadi karena pengaruh cuaca dingin. Daerah yang dingin biasanya banyak terdapat di puncak-puncak gunung. Untuk di Indonesia, padang lumut terdapat di puncak jaya Wijaya (Papua/Irian Jaya).


Baca Juga :