Pada kenyataannya, sabuk pengaman telah dirancang sedemikian rupa untuk menghindari memindahkan tubuh dari posisi ideal (kursi) baik selama manuver dan selama tabrakan.
Biasanya di kursi depan (baris pertama) menggunakan sabuk pengaman 3 titik, sekarang fungsi dari 3 titik ini adalah untuk menyebarkan energi saat tabrakan di 3 wilayah, yaitu dada, bahu dan sesudahnya. Di bagian belakang, biasanya hanya membawa sabuk 2 titik, ini bukan masalah karena risiko penumpang belakang tidak sebesar penumpang depan.


Fungsi sabuk pengaman

Fungsi dari banyak sabuk pengaman meliputi:
1. Pertahankan posisi tubuh agar tetap dalam posisi duduk (tidak terlempar) jika dampak yang sangat kuat terjadi
2. mengurangi risiko tabrakan dengan benda-benda lain di dalam mobil selama tabrakan, dengan adanya sabuk pengaman yang harus terluka tidak begitu serius
3. Itu bisa membuatnya lebih nyaman saat mengemudi
4. Tubuh tidak mudah terguncang / bergerak ke samping dan secara frontal saat mengemudi

Akibat tidak mengenakan sabuk pengaman
Jika Anda tidak menggunakan sabuk pengaman, hasilnya sangat berbahaya ketika kecelakaan terjadi, termasuk:
– Konflik dengan benda-benda di dalam kabin seperti pintu, kemudi, dasbor, kaca, dll. Kemungkinan besar
– dengan luka serius yang serius
– Menyebabkan gangguan di bagian tubuh
– Itu bisa dibuang

Selalu peringatkan untuk mengenakan sabuk pengaman
Sebagai pengemudi yang baik, Anda harus selalu mengenakan sabuk pengaman dan memperingatkan penumpang lain untuk memakai sabuk pengaman, terutama penumpang depan. Sekarang mobil baru di kursi belakang juga tersedia (sabuk pengaman juga sebaiknya digunakan).
Memakai sabuk pengaman adalah hal yang sangat sederhana dan sepele, tetapi orang-orang meremehkannya dan tidak memasangnya.

Mobil-mobil sekolah tua dan mobil-mobil baru harus dipasangi sabuk pengaman, ya, karena sabuk pengaman adalah perangkat keselamatan paling penting untuk pengemudi dan penumpang. Meskipun mobil memiliki banyak airbag tetapi tanpa sabuk pengaman, kantong udara tidak memiliki arti, sabuk pengaman adalah yang pertama dan paling penting keselamatan di dalam mobil, jadi itu wajib untuk memakainya saat bepergian.

Sumber : https://www.rentalmobillampung.co.id/