Table of Contents

Geologi Struktur

Geologi Struktur

Topografi Regional

Kenampakan atau penggambaran segala kenampakan fisik dari roman muka dari daerah atau muka bumi,yangmeliputi bentuk ukuran, letak hubungan dan penyebarannya pada suatu daerah dalam dua dimensi, adapun topografi juga digunakan selain untuk keperluan geologi juga digunakan untuk keperluan tata kota, transmigrasi dan tekhnik sipil dan sebagainya.

Adapun cara menggambarkan relief yaitu :

v  Menggunakan Pewarnaan

v  Menggunakan Bayangan

v  Menggunakan Aliran

v  Menggunakan garis kontur

Dalam topografi juga dikenal istilah antara lain :

v  Interval kontur yaitu beda ketinggian tertentu antara dua garis kontur berbeda yang saling berurutan.

v  Kontur indeks yaitu kontur yang memiliki ketinggian tertentu { kelipatan tertentu dari interval kontur } sering digambarkan dengan garis tebal dan diberi angka yang menunjukkan ketinggian.

Statigrafi dan Litologi

Statigrafi adalah ilmu yang mempelajari tentang lapisan batuan dalam kerangka waktu dan ruang geologi.

Dasar hukum dalam mempelajari statigrafi yaitu :

ü  Super posisi

ü  Horizontatity

ü  Original Continuity

Sedimentasi dimulai dari permulaan tersier biasanya oligosin tetapi pada beberapa tempat { Kalimantan } dimulai pada eosin.Statigrafi di Kalimantan Timur tepatnya pada cekungan kutai, terdiri siklus transegrasi. Pada daerah ini  fasa regresi jauh, lebih mendominasi. Cekungan ini pada pada seluruh tersier tua, mungkin eosen, dengan suatu trasgesi yang segera diikuti oleh regrasi yang mengisi cekungan ini pada seluruh tersier dan kwater. Dalam daur regresi besar ini dapat dibedakan  antara formasi Pulau Balang, formasi Balikpapan dan formasi Kampung Baru yang berumur dari miosen sampai pliosen.

Penentuan statigrafi didasarkan pada tingkat kesegaran batuan serta hubungan antara satuan batuan. Dengan mempelajari aspek – aspek biostatigrafi  dan lithostatigrafi grafik maka kita akan dapat menyusun sejarah geologi suatu daerah yang kita pelajari atau kita selidiki,adapun kita juga mengetahui litologi batuan atau batuan penyusun yang terjadi pada daerah kita, sehingga menghasilkan kenampakan yang khas yang selanjutnya dikenal sebagai relief.

 

Sumber : https://uptodown.co.id/