Gubernur: Waspadai Kasus DBD

Gubernur Waspadai Kasus DBD

Gubernur Waspadai Kasus DBD

Jumlah kasus Demam Berdarah Dangue (DBD)

saat ini hampir terjadi seluruh kota dan kabupaten di Jawa Barat, menyusul mulai tingginya intensitas curah hujan saat ini.

Menyikapi masalah tersebut, Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil meminta kepada seluruh kepada daerah, Bupati dan Wali Kota untuk lebih waspada terkait kasus tersebut.

“Kepada kepala daerah-kepala daerah, karena sifatnya banyak teknis di lapangan, yang intinya lebih waspada dari perilaku-perilaku yang potensi demam berdarah,” ucapnya.

Menurut Gubernur, dirinya selalu melakukan monitoring terhadap daerah-daerah yang saat ini kasus DBD nya mulai tinggi untuk segera dilakuan berbagai antisipasi.

“Bekasi kita monitor, Depok kita monitor.

Kita sudah posting juga kepada warga Jabar, dan juga meminta kepada masyarakat untuk merubah perilaku yang berpotensi membantu meningkatnya kasus demam berdarah,” ujarnya.

Gubernur menyatakan, meski jumlah kasus DBD di beberapa daerah di Jabar mengalami peningkatan, namun hingga saat ini belum ada daerah yang masuk dalam Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Intinya kita waspada, tapi dalam istilah KLB secara umum masih terkendali, kalau KLB itu kan sudah tidak terkendali sehingga harus lintas pusat,” kata Gubernur, di Gedung Sate, Kamis (31/01)

Gubernur juga meminta kepada masyarakat

di musim hujan ini tidak membuang sampah sembarangan, melakukan pengecekan agar tidak terjadi genangan-genangan air dan meminta fogging jika daerahnya sudah banyak kasus DBD.

“Genangan merupakan salah satu tempat untuk menetasnya nyamuk Aedes aegepty yang merupakan jenis nyamuk yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah,” jelasnya

 

Sumber :

https://blog.fe-saburai.ac.id/kulit-berfungsi-sebagai-alat-ekskresi-karena/