Hormon Auksin Ditemukan di Bogor Seabad Lalu
By: Date: April 8, 2020 Categories: Teknologi
Hormon Auksin Ditemukan di Bogor Seabad Lalu

Hormon Auksin Ditemukan di Bogor Seabad Lalu

Hormon Auksin Ditemukan di Bogor Seabad Lalu

Hormon Auksin Ditemukan di Bogor Seabad Lalu

MUNGKIN tidak banyak orang tahu, sekitar satu abad lalu hormon auksin atau hormon tumbuhan pertama kali ditemukan di Laboratorium Treub yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat.

Di usia 2 abad, Kebun Raya Bogor yang berdiri pada 1817

boleh berbangga karena di ‘rumah’ merekalah hormon tumbuhan ditemukan. Hormon tumbuhan atau hormon auksin merupakan zat hormon tumbuhan yang ditemukan pada ujung batang, akar, dan pembentukan bunga yang berfungsi sebagai pengatur pembesaran sel dan memicu pemanjangan sel di daerah belakang meristem ujung.

Sejumlah peran dimiliki hormon ini, yaitu dalam proses pembelah­an dan pembesaran sel, merangsang pembelahan pada kambium vaskuler, memicu terbentuknya akar lateral serta akar adventif, dan memicu pertumbuhan akar secara lebih baik. Ia berperan juga dalam pertumbuhan tunas sam­ping, mengurangi jumlah biji yang ada di dalam buah, merangsang persentase terbentuknya buah dan juga bunga, mengurangi gugurnya buah, dan merangsang terjadinya proses partenokarpi atau proses pembentukan buah tanpa proses penyerbukan.

Penemuan hormon auksin diawali saat Melchior Treub yang pada 1880-1910

menjabat Direktur Kebun Raya Bogor dan berambisi memajukan kebun raya itu menjadi salah satu kebun raya terkenal di dunia.

Treub berusaha keras mengembangkan kegiatan penelitian

, mengelola perpustakaan, herbarium, dan memperbaiki taman-taman. Upayanya itu membuahkan hasil. Masa kepemimpinannya menjadi masa keemasan di bidang keilmuan di Indonesia.

 

sumber :

https://rajasatour.id/royal-garden-tales-apk/