Jenis Operating System HandPhone

Jenis Operating System HandPhone

Jenis Operating System HandPhone

Siapa yang belum pernah punya handphone hingga sekarang?

Kebanyakan orang pasti telah memilikinya bukan hanya satu saja bisa dua, tiga atau lebih. Handphone apa yang kamu pernah gunakan? Nokia, Sony ericsson, Samsung, LG, dll. Setiap handphone pastilah mempunyai operating system baik itu Java, Symbian, Android, IOS (Iphone OS), Blackberry OS, dll. Tidak dipungkiri bahwa OS Symbian masih merajai pasar handphone di dunia, tetapi semakin bertambahnya pesaing-pesaing OS seperti Android, Iphone, Blackberry, menyebabkan beragamnya pilihan handphone yang bisa dimiliki dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing OS.

Berikut beberapa macam Operating system yang paling populer di dunia yaitu :

  1. Sistem Operasi Windows Mobile.
  2. Sistem Operasi Palm.
  3. Sistem Operasi Symbian.
  4. Sistem Operasi Java.
  5. Sistem Operasi Android.
  6. Sistem Operasi Linux.
  7. Sistem Operasi BlackBerry.
  8. Sistem Operasi Maemo.
  9. Sistem Operasi iOS.

Windows Mobile adalah

Sistem operasi seluler yang ditawarkan oleh Microsoft. OS windows mobile biasanya hanya digunakan pada ponsel jenis PDA Phone yang harganya lumayan untuk kalangan ekonomi menengah kebawah, namun biasanya pengguna HP dengan OS ini hanya kalangan pebisnis yang ekonominya lumayan. Biasanya sebanding dengan harga 1 buah laptop, tergantung dari merk dan spesifikasinya.
Versi terbaru yang sedang dikembangkan Microsoft adalah Photon, yang didasarkan pada Windows Embedded CE 6.0 dan diharapkan dapat mengintegrasikan versi smartphone dan Pocket PC.
Keunggulan windows mobile adalah :
1. Sebagian besar teknologi IT (Information Technology) yang dipakai berbasis Windows, kecocokan dalam hal platform serta ekstensi yang mudah dengan software. Komputer dipandang bahwa Microsoft dianggap lebih ideal dibandingkan Symbian atau Linux.
2. Windows Mobile menawarkan berbagai fitur unggulan seperti Mobile Blog, GPS,
menonton televisi, serta Mobile Database.
Kelemahannyan adalah Windows Mobile bersifat tertutup sehingga sulit bagi software

Developer independen untuk menciptakan aplikasi-aplikasi baru.

Palm adalah pesaing utama dari sistem operasi Windows Mobile di awal tahun 2000-an lalu. Palm juga merupakan pelopor sistem operasi yang mutlak digunakan oleh sebuah ponsel pintar. Sayangnya ketenaran Palm belakangan kian turun begitu kehadiran para pesaingnya yang kian mengganas. Keunggulan OS Palm adalah tidak memerlukan banyak memory untuk dapat menjalankannya dengan baik. Dengan kapasitas sebesar 16 MB misalnya sudah sangat lebih dari cukup untuk menyuntikkan berbagai fungsi aplikasi tambahan. Terakhir kabarnya Palm bakalan merilis ponsel terkini mereka yang disebut Palm Pre. Ponsel yang kabarnya memiliki keunggulan yang digadang-gadangi sebagai iPhone killer.
Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk peralatan bergerak mobile. OS Symbian yang didirikan sejak tahun 1998 dulunya digunakan oleh Nokia dan hingga saat ini telah digunakan oleh banyak Vendor Smartphone. Symbian telah mengalami perkembangan yg drastis dan hingga sekarang tetap menjadi nomor satu untuk OS kategori Smartphone. Symbian merupakan perusahaan independen hasil kolaborasi vendor2 raksasa pd masa itu yakni Ericsson, Nokia, Motorola, dan Psion. Nokia sebagai pemegang saham terbesar dengan angka 47,9 persen. Banyak dari produk nokia ber- OS Symbian.

Symbian dipandang lebih unggul karena:

1. Dirancang khusus untuk ponsel. Berbeda dengan Microsoft dan Linux yang diadopsi
dari komputer.
2. Berkat fitur CC+, Java (J2ME) MIDP 2.0, PersonalJava 1.1.1a, dan WAP. Sistem operasi symbian ini sangat terbuka sehingga siapapun bisa mengembangkannya. Terbukti banyak beredar aplikasi-aplikasi tambahan untuk OS berbasis Symbian atau platform Java.
3. Symbian menyediakan suatu user interface (UI) framework yang fleksibel, sehingga
para vendor bisa menvariasikan produk-produknya.
OS yang lebih menarik dari pada kelas java. Namun OS ini jika dibandingkan dengan kelas
java lebih rentan untuk terkena virus mobile phone.
Symbian telah mengeluarkan Operating System untuk smartphone terbaru nya yaitu versi 9.3, Symbian menyatakan bahwa versi 9.3 ini akan lebih mempercepat, mempermurah dan mempermudah para vendor handphone dan para operator untuk mendapatkan servis dan fasilitas terbaik seperti mendukung WiFi, Firmware update secara online (FOTA), dukungan HSDPA, VoIP melalui IPSec, dukungan secara native untuk Push To Talk, dukungan Java JSR 248, Platform sekuriti yang lebih stabil dan lebih baik untuk memproteksi dari virus dan spam, dukungan untuk fasilitas graphic 3D yang lebih baik (vector floating point).
OS Java biasanya diterapkan pada jenis yang telah polyponik namun kelas monoponik pun juga telah tersedia. Biasanya terdapat pada ponsel tipe lama, namun tipe baru sekalipun saat ini biasanya juga telah mendukung untuk fitur ini. Harga untuk ponsel jenis ini lebih terjangkau. Java sebagai middleware yang diperkenalkan pada ponsel, memberikan jawaban yang sangat memuaskan. Dengan adanya Java, seseorang dapat membuat aplikasi bermodalkan komputer dan sebuah aplikasi notepad. Sayangnya, kemampuan Java sebagai middleware mengakibatkan terbatasnya feature hardware ponsel yang dapat diakses oleh sebuah aplikasi berbasis Java.