Moluska berasal dari bahasa Latin moluska yang berarti lunak. Jadi, Phylum Mollusca adalah sekelompok hewan invasif dengan tubuh lunak. Tubuh lunak dilindungi dengan cangkang, tetapi beberapa tidak dikupas. Moluska yang kita kenal adalah siput. Siput adalah salah satu moluska yang termasuk dalam kelas gastropoda. Saya berjalan dengan perutnya.

Karakteristik moluska:

Ini adalah hewan multiseluler tanpa tulang belakang.
Habitatnya adalah tanah dan tanah
Itu adalah tiga sel ledakan.
Struktur tubuhnya simetris.
Tubuh terdiri dari kaki, massa visceral, dan mantel.
Ada sistem saraf dalam bentuk cincin saraf
Organ ekskretoris adalah nefritis
Radialra (lidah bergigi)
Hidup heterotrofik
Reproduksi seksual

Fitur tubuh moluska

Molusca terdiri dari tiga bagian utama.

kaki
Kaki adalah ekstensi dari sisi otot perut tubuh. Berfungsi untuk membuat kaki Anda bergerak. Di beberapa moluska kaki, itu diubah menjadi tentakel yang membantu menangkap mangsa.
Massa biserologis
Massa visceral adalah bagian dari tubuh lunak moluska. Di dalam massa visceral, ada organ-organ seperti organ pencernaan, ekskresi, organ reproduksi. Massa visceral dilindungi oleh mantel.
Mantel
Mantel adalah organisasi tebal yang melindungi massa visceral. Mantel membentuk rongga yang disebut rongga mantel. Bagian dalam rongga diisi dengan cairan. Cairan tubuh adalah tempat Anda memiliki lubang insang, lubang ekskresi, dan anus.

Sistem saraf moluska terdiri dari cincin saraf. Sistem saraf ini mengelilingi kerongkongan dengan penyebaran serabut saraf. Sistem pencernaan moluska terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus. Moluska juga memiliki lidah bergerigi yang membantu menggiling makanan. Lidah bergerigi disebut radiata.
Moluska yang hidup di air bernafas bersama dengan insang di rongga mantel.

Cara hidup moluska

Moluska hidup heterotrof dengan memakan makhluk lain. Misalnya, pelanggan, ikan, moluska lainnya.

Habitat Mollusk
Moluska hidup di air dan darat. Moluska yang hidup di air, misalnya, cumi-cumi atau gurita. Di sisi lain, kehidupan di darat, misalnya, adalah siput.

Reproduksi moluska
Moluska berkembang biak secara seksual. Umumnya organ reproduksi pria dan wanita umumnya dibedakan dari individu lain (Neisseria gonorrhoeae). Namun, meskipun jenis siput tertentu sama-sama berjenis kelamin laki-laki. Pemupukan dilakukan secara internal atau eksternal untuk menghasilkan telur. Telur tumbuh menjadi larva dan akhirnya menjadi moluska dewasa.

Klasifikasi moluska
Berdasarkan bentuk, posisi kaki, cangkang, mantel, sistem saraf, Filum Mollusa dibagi menjadi 5 kelas.

Polyplacophora adalah salah satu dari lima kelas monyet moluska. Polyplacophora berbentuk oval, pipih, dan simetris. Mulut terletak di depan tetapi tidak berkembang dengan baik. Sementara anus ada di belakang. Polyplacophora tidak memiliki tentakel dan mata. Contoh: Spesies Kiton.

Scapopoda
Hewan jenis ini umumnya dibungkus kerang kerucut atau terangsang. Kedua ujung cangkangnya berlubang. Scapopod biasanya hidup di air. Contoh: Dentalium v ​​ulgare

  1. Gastropoda
  2. Pelesipoda

Sumber : https://rumusbilangan.com/