Karya sastra Indonesia
By: Date: June 27, 2020 Categories: Otomotif

Table of Contents

Karya sastra Indonesia

Karya sastra merupakan salah satu karya seni yang memiliki budi, imajinasi, dan juga emosi berdasar ungkapan penulisnya. Karya sastra juga dapat diartikan sebagai salah satu karya kreatif yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bentuk konsumsi Emosi dan Intelektual ataupun sebagaisalah satu sarana hiburan dengan mengisahkan keindahan, humor, dan makna kehidupan. (Semi, 1993:1) mengungkapkan bahwa karya sastra terlahir oleh dorongan manusia untuk mengungkap diri tentang masalah manusia, kemanusiaan, dan semesta.

Karya sastra berbeda dengan karya nonsastra,perbedaan tersebutdapat dilihat dari penggunaan genre karya sastra. Seperti halnya prosa, puisi dan drama. Selain perbedaan dari segi genre, perbedaan yang mencolok lainnya yaitu dari segi penggunaan bahasa, dimana bahasa yang digunakan oleh karya satra berbeda dengan bahasa yang digunakan sehari-hari. Bahasa yang digunakan dalam karya satra khususnya di Indonesia merupakan pembaharuan bahasa dari bahasa yang digunakan biasanya menjadi bahasa yang memiliki makna baru ataupun memiliki  penambahan makna dari bahasa yang awal.

Adanya perbedaan penggunaan bahasa dalam sebuah karya sastra dapat disimpulkan bahwa karya sastra merupakan salah satu karya seni yang menggunakan moderenisasi bahasa, yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah karya klasik kuno sehingga kini keberadaannya menjadi bagian dari warisan budaya Indonesia.

  1. Jenis- jenis karya sastra Indonesia

Keberadaan karya sastra Indonesia dari zaman ke zaman semakin berkembang,mengikuti perkembangan intelektual dari SDA sehingga

dapat menghasilkan berbagai macam karya Indonesia. berikut beberapa   contoh karya sastra adalah:

  1. Novel

      Novel merupakan salah karya sastra jang masuk pada jenis fiksi yang merupakan hasil dari imajinasi dan daya khayal yang tertuang melalui unsur intrinsik dalam sebuah novel. Menurut Taringan (2000:164) novel berasal dari kata latin novelius yang diturunkan dari kata noveis yang memiliki arti yaitu baru. Dikatakan baru karena novel muncul setelah puisi, drama dan lain-lain. dalam perkembangannya novel terbagi menjadi dua jenis dan lima genre yaitu ;

  1. Fiksi : dimana novel berdasar pada daya khayal pengarang  tidak berdasar pada kisah nyata.
  2. Non fiksi : novel yang diciptakan berdasar cerita nyata penulisnya.

                   Berikut lima Genre sebuah novel fiksi maupun non fiksi yaitu:

  1. a)Romantis

Merupakan novel yang mengisahkan percintaan

dan kasih sayang. Dengan  lirik novel disertai lirik yang menimbulkan konflik. Novel ayat-ayat cinta  adalah salah satu contoh novel romantic.

  1. b)Horror

     Horror merupakan genre sebiah novel yang digambarkan dengan ketegangan, bertujuan agar pembacanya berdebar-debar. Biasanya mengisahkan hubungan dengan mahlik gaib dan berbau supranatural. Dead note adalah salah satu contoh dari novel bergenre horror.

  1. c)Komedi

Merupakan genre novel yang mengundang kelucuan dan humor sehingga membuat pembacanya terhibur sambil tertawa terbahak- bahak.

 

https://tokopediaaplikasi.id/epic-of-kings-apk/