KEKURANGAN SISTEM DEMOKRASI TERPIMPIN
By: Date: May 7, 2020 Categories: Pendidikan
KEKURANGAN SISTEM DEMOKRASI TERPIMPIN

KEKURANGAN SISTEM DEMOKRASI TERPIMPIN

KEKURANGAN SISTEM DEMOKRASI TERPIMPIN

Demokrasi terpimpin bukanlah sistem yang sempurna dan tanpa kritik. Terbukti dari adanya berbagai kekurangan yang dihasilkan oleh sistem ini. Kekurangan-kekurangan tersebut didasarkan kepada sejarah Indonesia saat sistem ini diberlakukan. Berikut beberapa kekurangannya.

1. ADANYA PERTENTANGAN IDEOLOGI

Dalam sejarahnya, presiden Soekarno pernah mengusulkan yang namanya ideologi nasakom. Tujuan dari ide ini adalah untuk menyatukan semua elemen bangsa Indonesia. Akan tetapi, justru hal itu menyebabkan adanya perselisihan antara golongan. Yaitu golongan agamis, nasionalis dan komunis. Hal ini benar-benar membuat rakyat merasa gelisah.

2. UPAYA PENATAAN KONSTITUSI TIDAK BERJALAN BAIK

Konstitusi UUD 1945 akan segera dilaksanakan di berbagai bidang kehidupan di Indonesia. Hal ini berdasarkan kepada Dekrit Presiden sendiri. Namun, pelaksanaan konstitusi tersebut ternyata tidak dapat berjalan dengan baik dan maksimal. Bahkan, ada banyak penyimpangan-penyimpangan seperti tidak menjadikan Pancasila sebagai idelogi dan sebagainya.

3. SEKTOR POLITIS MENJADI TIDAK DEMOKRATIS

Di dalam demokrasi terpimpin, kekuasaan presiden sangatlah besar. Hal ini ternyata menyebabkan kehidupan rakyat Indonesia yang demokratis menjadi tidak tercapai. Sehingga, rakyat menjadi tidak dapat berpendapat secara bebas, pers yang menjadi aspirasi dari rakyat menjadi terkekang, bahkan pemilihan umum sendiri menjadi ditiadakan.


Sumber: https://www.slimmingcapsule.co.id/beyond-oasis-classic-apk/