Perlu dicatat bahwa, meskipun hampir semua posisi mesin mobil berada di depan tetapi berdasarkan traksi, mobil dibagi menjadi 3 kelompok: penggerak roda depan, penggerak roda belakang dan 4 gerakan depan dan belakang (penggerak empat roda). jadi apa maksudnya? Jadi, bahkan jika mobil memiliki 4 roda, kebanyakan mobil hanya 2 roda yang digunakan untuk menyampaikan daya dari mesin sehingga mereka dapat mengendarai mobil, dua roda lainnya hanya berjalan (kecuali semua mobil dengan penggerak empat roda). Jika mobil digerakkan oleh roda depan, hanya roda belakang yang berputar dan sebaliknya.

Kelebihan dan kekurangan Penggerak Roda Depan

Untuk pengendara sepeda motor biasa, Anda mungkin tidak tahu bahwa mobil digerakkan oleh roda depan atau belakang, terutama jika Anda mengemudi lebih sering di jalan perkotaan dengan kurva kecepatan rendah dan datar. Namun begitu keluar kota, misalnya, di medan pegunungan ia akan menyadari bahwa mobil dengan karakter penggerak roda depan berbeda dengan penggerak roda belakang.

KARAKTER RODA DEPAN
Daftar mobil Suzuki dengan penggerak roda depan: Suzuki Baleno, SX4 (lokal), Swift, Ertiga, semua jenis Karimun, Ciaz, Ignis.

Daftar mobil Suzuki dengan penggerak roda belakang: Suzuki APV, Carry, Katana, Grand Vitara, dan Toyota Avanza (salah salah). 😀

Mobil penggerak roda depan biasanya lebih hemat bahan bakar, yang disebabkan oleh lebih sedikit kehilangan mekanis. Semakin lama proses distribusi daya dari sumber, mesin ke roda, semakin besar kerugian mekanis yang dihasilkan. Selain itu, karena tidak ada komponen daya untuk roda belakang seperti sambungan dan gandar, bobot roda depan juga lebih ringan.

TINGGAL DI SANA TIDAK KURANGNYA
Ban depan mobil lebih cepat habis. Dari banyak pemilik mobil penggerak roda depan yang diamati Mas_Mun jika pemilik mobil sama sekali tidak tertarik dengan mobil tersebut, ban depan akan lebih cepat habis daripada mobil penggerak roda belakang. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa rem, kontrol arah mobil dan kecepatan mobil sangat bergantung pada dua roda depan, sehingga ban depan bekerja lebih keras dan cepat aus. Karena itu, pemilik harus memperhatikan mobilnya dengan melakukan rotasi ban setiap 10.000 kilometer, sehingga semua ban didistribusikan lebih merata.

Kelemahan lain dari mesin penggerak roda depan adalah bahwa ia kurang unggul di medan berbukit, terutama jika jalan di medan berbukit adalah tanah atau jalan berpasir. Ketika kondisi traksi di jalan datar ban depan akan cukup baik karena bobot mobil terpusat di depan, tetapi dalam kondisi tanjakan terutama ditambah dengan kondisi traksi pada beban penuh (grip ban di permukaan jalan). ) Ban belakang akan lebih baik daripada penggerak roda depan.

Seluruh City Car menggunakan penggerak roda depan
Seluruh City Car menggunakan penggerak roda depan

Kiat untuk mengatasi tanjakan dengan mobil penggerak roda depan:

Jika jalan menanjak yang Anda hadapi masih berupa aspal yang halus, tidak ada masalah, hanya saja jangan menginjak pedal akselerator terlalu banyak karena dapat memutar roda depan ke posisi (berputar). Kecepatan mesin antara 1000-1600 Rpm sudah cukup untuk memungkinkan city car 1000 cc untuk bergerak menanjak, khususnya mobil dengan perpindahan yang lebih besar dengan kecepatan mesin 1000 rpm sudah dapat membuat mobil berjalan miring.

Tetapi jika medan yang Anda hadapi bukanlah jalan beraspal yang mulus, tetapi seperti jalan berbukit dan dengan kondisi mobil yang terisi penuh (seperti ketika Lebaran pulang ke rumah), maka lebih baik memperhatikan beberapa hal berikut saran:

Jangan berhenti di tengah pendakian.
Jika jalan ramai, mengharuskan Anda untuk berhenti, jangan berhenti di tengah pendakian, lebih baik berhenti sebelum pendakian. Risikonya adalah Anda akan dibutakan dari belakang untuk maju tetapi abaikan saja. Setelah Anda yakin jalan menanjak kosong, maka atasi lereng dan ambil jalan dari bawah sebelum instruktur tidak berada di tengah lereng.
Distribusi berat, memaksimalkan berat depan.

Pastikan kursi penumpang depan penuh ketika mobil penuh, ini dapat membantu meningkatkan traksi roda depan bahkan jika itu tidak signifikan. Penumpang dan barang-barang di belakang mobil akan semakin mengurangi traksi roda depan karena bobotnya lebih besar di roda belakang.
Jangan terlalu panas.
Jika ketika Anda merasa bahwa traksi ban telah berkurang, mesin mengeluarkan suara keras di pintu masuk, tetapi kecepatannya

Sumber : rental mobil lampung