KELEBIHAN SISTEM DEMOKRASI TERPIMPIN
By: Date: May 7, 2020 Categories: Pendidikan
KELEBIHAN SISTEM DEMOKRASI TERPIMPIN

KELEBIHAN SISTEM DEMOKRASI TERPIMPIN

KELEBIHAN SISTEM DEMOKRASI TERPIMPIN

Adanya sistem demokrasi terpimpin ternyata memiliki kelebihan tersendiri untuk jalannya sebuah pemerintahan Negara. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sistem ini pada masa diberlakukannya di Indonesia.

1. MAMPU MENGEMBALIKAN IRIAN BARAT

Berdasarkan kepada Konferensi Meja Bundar kemerdekaan Indonesia, sudah ditetapkan bahwa semua wilayah bekas jajahan Belanda menjadi wilayah Indonesia. Akan tetapi, kawasan Papua masih di bawah kekuasaan dari Belanda. Oleh karena itu, untuk mengembalikan Papua, Soekarno mengumumkan aksi yang disebut Trikora dan kemudian berjuang mendapatkan Irian Barat.

2. BERHASIL MEMBANGUN INTEGRITAS NASIONAL INDONESIA

Jika sebelumnya kondisi Indonesia ada pada posisi terpecah belah menjadi beberapa golongan. Maka sejak diberlakukannya demokrasi terpimpin integritas nasional menjadi terbangun. Tidak ada lagi kelompok yang melakukan persaingan untuk menguasai pemerintahan. Semua akhirnya menjadi tunduk kepada keputusan yang diberikan oleh presiden.

3. BERHASIL MEMBENTUK LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA

Pemerintahan yang dijalankan pada demokrasi pemimpin disesuaikan dengan UUD 1945. Meski ada banyak penyimpangan yang terjadi pada sistem ini, namun sistem ini setidaknya telah berhasil membentuk beberapa lembaga Negara yang tidak ada sebelumnya. Adapun beberapa lembaga Negara yang dimaksud adalah MPRS, DPRGR, DPAS dan juga Front Nasional.

4.ADANYA PENATAAN DI BERBAGAI BIDANG

Pada saat sebelum diberlakukannya sistem demokrasi terpimpin, Indonesia tengah berada pada kondisi yang kacau. Tidak hanya di satu bidang, namun di berbagai bidang kehidupan. Kemudian setelah sistem ini hadir, mulailah dilakukan penataan di bidang ekonomi, politik, ideologi dan beberapa sektor yang lain sehingga semua kembali tertata.

5. MUNCUL JIWA GOTONG ROYONG

Kelebihan berikutnya dari demokrasi terpimpin adalah memunculkan rasa gotong royong pada sebagian masyarakat. Misalnya saja beberapa jumlah kabinet yang awalnya bersebarangan akhirnya kembali bersatu. Selain itu, jiwa nasionalisme yang tinggi juga termasuk ke dalam kelebihan sistem ini.


Sumber: https://www.smsgrosir.co.id/the-tiny-adventures-apk/