Kolonisasi Inggris di Selandia baru
By: Date: July 13, 2020 Categories: Kesehatan

Kolonisasi Inggris di Selandia baru

Pantai barat Australia sebenarnya telah ditemukan oleh seorang penjelajah Belanda bernama Willem Janszoon pada tahun 1606 yang kemudian dinamakannya Belanda Baru, namun tidak ada usaha lebih lanjut untuk membangun koloni di sana sampai pada tahun 1770, James Cook menemukan pantai timur Australia dalam perjalanannya menuju Samudera Pasifik Selatan. Cook mengklaim benua tersebut atas nama Inggris dan menamakannya New South Wales.

Dalam perjalanannya, Cook juga mengunjungi Selandia Baru, yang ditemukan pertama kali pada tahun 1642 oleh penjelajah Belanda bernama Abel Tasman. Cook kemudian mengklaim pulau-pulau di Utara dan di Selatan atas nama Kerajaan Inggris pada tahun 1769 dan 1770. Awalnya, interaksi antara Suku Māori; penduduk asli Selandia Baru dengan orang-orang Eropa terbatas hanya pada transaksi perdagangan.

Cook memetakan wilayah ini dengan baik Penemuan Cook tersebut sangat berarti, laporan-laporan tentang daerah New South Wales menimbulkan kesan yang sangat berbeda dengan kesan pemimpin VOC setelah menerima laporan ekspedisi Tasman.Laporan Cook beserta rombongan yang akhirnnya mendorong pemerintah Inggris untuk melakukan kolonisasi di Selandia baru. Tujuan mereka beragam, ada yang hanya singgah dari amerika, berdagang atau menyebarkan agama.

            Banyak orang eropa yang bermigrasi ke Selandia Baru seperti para narapidana,para pedagang,bajak laut,bandit-bandit yang bersembunyi,para misionaris.Mereka menetap di Bay Of Island di Auckland yang selanjutnya berkembang menjadi pelabuhan kapal penangkap ikan.Auckland juga terkenal sebagai kota Metropolitan terbesar di Selandia Baru yang pada tahun 1841 secara resmi dinyatakan sebagai ibukota Selandia Baru namun tahun 1865, ibukota Selandia Baru dipindahkan ke Wellington.

            Setelah Cook, Selandia Baru dikunjungi oleh beberapa kapal pemburu paus, pemburu anjing laut, dan kapal dagang Eropa dan Amerika Utara. Mereka menjual makanan, peralatan logam, persenjataan, dan barang-barang lain untuk memperoleh damar, artefak, air, dan jasa. Selandia Baru pada masa kolonial awal membolehkan Pemerintah Britania untuk menentukan perdagangan internasional dan bertanggung jawab untuk kebijakan lu

 

Recent Posts