Kompetensi yang Harus dimiliki Kepala Sekolah – Dalam upaya penambahan mutu edukasi di sekolah baik tersebut prestasi akademis dan non akademis, diperlukan kompetensi kepala sekolah yang paling mumpuni. Dengan kompetensi itu apa yang dinginkan oleh masyarakat dan orangtua murid yaitu tercapainya keberhasilan edukasi di sekolah bisa terwujud, sampai-sampai sekolah dengan apa yang dipunyai dapat berlangsung dari sekian banyak bidang.

Agar bisa mengelola sekolah secara professional, pemimpin penyelenggara (kepala) sekolah dituntut mempunyai serangkaian keahlian. Keahlian kepala sekolah menurut keterangan dari Permendiknas 13/ 2007 mengenai Standar Kepala sekolah/madrasah merupakan:

Keahlian Kepemimpinan (Leadership)
Sebagai pemimpin, kepala sekolah mesti dapat memimpin diri sendiri dan orang lain. Seseorang yang mempunyai jiwa kepemimpinan seringkali mempunyai mental yang teguh, memegang prinsip dan tidak gampang menyerah.

Potensi itu ada pada masing-masing orang tergantung pada keinginan dan peluang untuk mengembangkan diri. Seseorang yang dapat mengembangkan potensi itu akan hadir kewibawaannya ketika memimpin, sampai-sampai kata-katanya didengar dan arahannya dibuntuti oleh orang lain.

Keahlian Mendidik (Edukatif)
Idealnya, kepala sekolah berasal dari guru, orang yang mempunyai pengalaman edukasi dan/atau kegiatan sebagai pengajar atau pendidik. Pengalaman itu memungkinkan kepala sekolah menghayati peran, faedah dan tugas-tugas pendidik.

Dengan begitu, dia dapat menuntun dan menunjukkan guru dan murid dalam konteks mendidik. Itulah sebabnya, seorang kepala sekolah dituntut dapat berperan sebagai pendidik.

Keahlian Managemen
Proses pembelajaran di sekolah diberi batas oleh waktu, tenaga, sarana dan biaya, sebenarnya wali siswa sebagai konsumen mempunyai tuntutan yang mesti diisi melalui proses tersebut. Karena itulah, kepala sekolah dituntut dapat berperan sebagai manager, yakni pengelola semua program, asset, tenaga, dan finansial sekolah supaya mampu mengirimkan pada target-target kerja secara efektif.Kunci keberhasilan kepala sekolah dalam mengelola managemen sekolah terletak pada keterampilan perencanaan (planning skill). Dalam konteks managemen bahkan ditetapkan bahwa ketepatan perencanaan ialah separo keberhasilan.

Melalui perencanaan, kepala sekolah, guru dan seluruh pihak mengetahui target-target kerja yang mesti dijangkau dalam kurun masa-masa tertentu. Untuk menjangkau target tersebut, kepala sekolah mengorganisasikan program sekolah, program pembelajaran, tenaga guru dan pegawai, sarana, dan finansial sekolah.

Keahlian Administrasi
Administrasi adalahruh kerja dalam organisasi modern. Bahkan ketika ini dipercayai bahwa kalitas administrasi menggambarkan kualitas kerja seseorang. Melalui administrasi yang baik kepala sekolah dapat memonitor keberhasilan dan kegagalan, penambahan atau penurunan kinerja, deviden dan kerugian.

Sebagai seorang manager, kepala sekolah dituntut menguasai administrasi sekolah dan administrasi pembelajaran. Atas data-data administrasi itulah kepala sekolah memungut sikap dan kepandaian sekolah.

Keahlian Supervisi
Sebagai manager pelaksana, kepala sekolah mesti dapat melakukan pemantauan atau kontrol (supervisi) terhadap teknik kerja dan hasil kerja bawahannya. Supervisi berperan melengkapi pemahaman terhadap data-data administrasi.

Supervisi berperan urgen sebagai pengendali bobot pembelajaran dan layanan pendidikan. Sebagai supervisor kepala sekolah dengan sendirinya mutlak mesti dapat melakukan tugas-tugas supervise.

Keahlian Motivasi
Sebagai pemimpin, kepala sekolah mesti individu yang motivatif. Dia dapat berperan sebagai motivator, yang menyemangati dan memperbanyak hati guru, pegawai, murid dan wali murid supaya bekerja dan menyokong tercapainya destinasi sekolah.Oleh sebab itu, kepala sekolah mesti terdiri dari orang-orang yang mempunyai positif thinking, baik terhadap dirinya, orang beda dan suasana yang dihadapi. Kepala sekolah tak akan dapat berperan sebagai motivator apabila dia melulu seorang yang suka berkeluh-kesah dan sarat prasangkan buruk (negative thinking).

Sumber : https://bit.ly/2KqzyMX