Letak Indonesia
By: Date: July 11, 2020 Categories: Pendidikan
Letak Indonesia

Letak Indonesia

Letak Indonesia

Untuk mempelajari secara menyeluruh wilayah Indonesia, maka kita perlu mengetahui minimal letak Indonesia, baik letak astronomis maupun letak geografisnya.

  1. Letak Astronomis

Letak astronomis suatu Negara ialah letak suatu Negara didasarkan pada posisinya terhadap garis lintang dan garis bujur. Garis lintang adalah garis khayal pada peta, atlas maupun globe yang melintang dari barat ke timur atau sebaliknya (arah horizontal). Garis lintang ini dapat dipergunakan untuk menentukan perbedaan iklim di muka bumi.

Berdasarkan letak astronomisnya, Negara Indonesia terletak antara 60 LU – 110 LS dan 940 BT – 1410 BT. Wilayah Indonesia paling utara adalah Pulau We, yang terletak pada 60 LU dan paling selatan adalah Pulau Roti di Nusa Tenggara Timur yang terletak pada 110 LS. Wilayah Indonesia paling barat adalah Pulau Sumatera yang terletak pada 940 BT dan paling timur adalah kota merauke yang terletak pada 141BT.

Dari letak Indonesia secara astronomis mengakibatkan wilayah Indonesia dibagi dalam tiga daerah waktu dengan selisih masing-masing 1 jam. Ketiga daerah waktu tersebut antara lain:

  1. Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), meliputi daerah Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah.
  2. Waktu Indonesia Bagian tengah (WITA), meliputi daerah Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi.
  3. Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT), meliputi daerah Kepulaun Maluku, Irian.[2][2]

Selain mengakibatkan wilayah Indonesia dibagi dalam tiga daerah waktu, ternyata Indonesia juga berada dalam garis khatulistiwa yang menyebabkan wilayahnya mempunyai musim hujan dan kemarau, menjadi pusat daerah perdagangan, menyebabkan masyarakatnya multikultural, mempunyai banyak flora dan fauna.

  1. Letak Geografis

Letak geografis yaitu letak suatu daerah atau negara dilihat dari kenyataannya di permukaan bumi dibandingkan dengan posisi daerah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain. Secara geografis, wilayah Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera, yaitu benua Asia dengan benua Australia serta samudera Hindia dengan samudera Pasifik.

Akibat pengaruh letak geografis wilayah Indonesia antara lain:

  1. Kepulauan Indonesia sangat dipengaruhi oleh laut, hal ini berarti:
  • Udaranya selalu lembab karena banyak mengandung uap air dan hujan. Keadaan tersebut menyebabkan kepulauan Indonesia mempunyai hutan-hutan yang lebat. Keadaan tersebut juga menguntungkan usaha perkebunan dan cocok untuk berbagai jenis pertanian.
  • Penduduk Indonesia banyak hidup dari kekayaan laut, misalnya nelayan dan perhubungan laut.
  1. Kepulauan Indonesia berada pada posisi silang, sehingga:
  • Wilayah Indonesia merupakan pertemuan kebudayaan dari berbagai bangsa seperti kebudayaam islam, hindu, budha dan lain-lain.
  • Indonesia berada di persimpangan jalur lalu lintas dunia yang sangat ramai, baik jalur pelayaran maupun penerbangan.

Sumber: https://ironmanfactory.com/