Luas dan Batas Wilayah Indonesia

kamu paham kan terkecuali menteri perikanan dan kelautan Indonesia, ibu Susi Pudjiastuti bahagia menenggelamkan kapal pencuri ikan berasal dari negara lain yang melalui batas negara kita? Selain pencurian ikan adalah kelakuan illegal yang dilarang hukum, secara wilayah, mereka termasuk tidak diperkenankan untuk mengambil ikan dan masuk ke tempat yang jadi kedaulatan negara kita tanpa izin.

Yuk kita pelajari batas-batas negara kita, terkecuali nanti kamu memiliki perusahaan penangkapan ikan, kamu telah paham hukum dan ketentuannya.

Indonesia memiliki luas lokasi sebesar 5.455.675 km2 dan 3.544.744 km2 di antaranya atau 2/3 wilayahnya adalah lautan. Karena membawa lokasi yang luas, Indonesia berbatasan dengan banyak negara, meskipun mayoritas negaranya adalah negara bagian ASEAN.

Menurut bentuknya Indonesia membawa 3 batas teritorial, di mana di dalam batas teritorial ini, Indonesia dan seluruh warganya bebas melakukan kesibukan selama tidak melanggar hukum yang berlaku. Sedangkan untuk negara asing, mereka mesti sebabkan laporan kepada dinas mengenai terkecuali inginkan melewati, berkegiatan, dan memasuki lokasi teritorial Indonesia. Wilayah teritorial Indonesia dibagi jadi 3, yaitu:

BATAS LAUT

Dalam menentukan perbatasan laut biasanya Mengenakan metode penarikan garis berasal dari bagian pantai yang paling rendah disaat surut sampai sebagian mil ke depan. Dalam batas laut ini tersedia sebagian zona, diantaranya adalah:

Batas Laut Teritorial
Adalah batas laut yang ditarik berasal dari sebuah garis basic dengan jarak 12 mil (19,3 km) ke luar ke arah laut lepas. Garis basic yang dimaksud adalah garis yang ditarik pada pantai selagi air laut surut. Laut yang terdapat di sebelah di dalam garis basic merupakan laut pedalaman. Di di dalam batas laut teritorial ini, Indonesia membawa hak kedaulatan sepenuhnya. Negara lain bisa berlayar di lokasi ini atas izin pemerintah Indonesia. Luas laut teritorial Indonesia adalah 282.583 km2.

Batas Landasan Kontinen
Merupakan basic laut yang terkecuali dilihat berasal dari segi geologi maupun geomorfologinya merupakan kelanjutan berasal dari kontinen atau benua. Landas kontinen memiliki kedalaman kurang berasal dari 200 m. Oleh karena itu, lokasi laut dangkal dengan kedalaman 200 m merupakan bagian berasal dari lokasi negara yang berada di kawasan laut tersebut. Batas landas kontinen diukur jadi berasal dari garis basic pantai ke arah luar dengan jarak paling jauh adalah 200 mil. Luas landas kontinen Indonesia adalah 2.749.001 km2.

Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)
ZEE adalah lokasi laut sejauh 200 mil berasal dari pulau terluar selagi air surut. Luas ZEE Indonesia adalah 2.936.345 km2. ZEE diumumkan pemerintah Indonesia pada tanggal 21 Maret 1980. Mengenai kegiatan-kegiatan di ZEE Indonesia diatur di dalam Undang-Undang No. 5 tahun 1983 pasal 5 mengenai ZEE. Pada ZEE, Indonesia memiliki hak untuk:

Melakukan eksplorasi, eksploitasi, pengelolaan dan konservasi sumber daya alam
Berhak melakukan penelitian, perlindungan, dan pelestarian laut
Mengizinkan pelayaran internasional lewat lokasi ini dan memasang berbagai fasilitas perhubungan laut

BATAS DARAT

Batas daratan adalah batasan negara yang berada di darat dan secara segera berbatasan dengan lokasi lainnya, batas ini bisa berwujud hutan, gunung, dan bentangan darat lainnya, baik membawa akses ataupun tidak cocok dengan kesepakatan negara yang berbatasan.

Indonesia sendiri berbatasan segera di darat dengan 3 negara. Yaitu Papua New Guinea (berbatas dengan Prov. Papua), Timor Leste (berbatasan dengan Prov. Nusa Tenggara Timur), dan Malaysia (berbatas dengan Prov.Kalimantan Barat dan Timur).

BATAS UDARA

Batas hawa suatu negara dibagi jadi 2, batas horizontal dan batas vertikal. Batas-batas ini lebih bebas dan lebih gampang dilanggar karena susah dijaga dan penjagaannya memakan cukup banyak biaya.

Batas hawa vertikal Indonesia
Batas hawa vertikal Indonesia adalah tempat hawa setinggi 110 km berasal dari konfigurasi ketinggian permukaan negara Indonesia.

Batas hawa horizontal
Batas hawa horizontal Indonesia memiliki luas yang mirip dengan luas negara Indonesia, yaitu 5.455.675 km2.

Baca Juga :