Macam-Macam Sendi
By: Date: April 25, 2020 Categories: Pendidikan
Macam-Macam Sendi

Macam-Macam Sendi

Macam-Macam Sendi

  1. Sendi Fibrosa

Sendifibrosa adalah sendiyang tidak dapat digerakkan, dimana letak tulang-tulangnya sangat berdekatan dan hanya dipisahkan oleh selapis jaringan ikat fibrosa. Contohnya sutura di antara tulang-tulang tengkorak.


  1. Sendi Kartilagenosa

Sendi kartilagenosa adalah sendiyang gerakannya terbatas, dimana tulang-tulangnya dihubungkan oleh tulang rawan hialin. Contohnya pada tulang rusuk.


  1. Sendi Sinovial

Sendi sinovial adalah sendi yang gerakannya bebas, merupakan bagian terbesar dari sendi pada tubuh orang dewasa. Contohnya sendi bahu dan panggul, siku dan lutut, sendi pada tulang-tulang jari tangan dan kaki, pergelangan tangan dan kaki.


Berdasarkan tipenya sendi, yaitu :


  1. Sinartrosis [ Sendi Mati ]

Sendi yang tidak memperbolehkanpergerakan. Sinartrosis dibedakan menjadi dua, sinfibrosis dan sinkondrosis. Sinfibrosis yang tulangnya dihubungkan jaringan ikat fibrosa, contohnya sendi tulang tengkorak, sedangkan sinkondrosis yang dihubungkan oleh tulang rawan, contohnya hubungan antarsegmen pada tulang belakang.


  1. Amfiartrosis [ Sendi Kaku ]

Sendi yang dihubungkan oleh jaringan tulang rawan sehingga memungkinkan terjadinya sedikit gerakan. Amfiartrosis dibedakan menjadi dua, sindesmosisdan simfisis. Sindermosis dihubungkan oleh jaringan ikat serabut dan ligament, sedangkan simfisisihubungkan oleh kartilago serabut pipih.Contohnya adalah hubungan pada tulang pergelangan tangan, pergelangan kaki, hubungan tulang rusuk dan tulang dada, serta ruas-ruas tulang belakang.


  1. Diartrosis [ Sendi Gerak ]

Diartrosis adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan.


Baca Juga :