Makanan Sehat untuk Anak (Bergizi Tinggi)
By: Date: April 13, 2020 Categories: Kesehatan

Makanan Sehat untuk Anak (Bergizi Tinggi)

Sangat penting untuk memaksimalkan keperluan vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lengkap lainnya untuk anak lewat menu makanan sehat demi mendukung tumbuh kembangnya di jaman emas. Baca tetap untuk tips dari para pakar mengenai makanan sehat untuk anak.

Makanan Sehat untuk Anak
Apa yang anak makan terlalu berpengaruh terhadap pertumbuhan otak dan tubuhnya, jadi Bunda perlu terlalu memerhatikan asupan nutrisinya. Makanan yang tidak sehat tentu dapat mengganggu pertumbuhan anak dan mengakibatkan berbagai infeksi.

Penuhi keperluan gizi anak dalam himbauan makanan sehat untuk anak berikut ini:

1. Yogurt
Berdasarkan pakar nutrisi anak, yogurt adalah pilihan sehat sebagai menu sarapan, camilan, dan makanan penutup untuk anak.

Yogurt mengandung sumber protein, kalsium, dan vitamin D yang berfaedah untuk mendukung kesehatan tulang dan gigi anak yang baru berkembang. Yogurt termasuk mengandung probiotik yaitu bakteri baik untuk memelihara kesehatan usus dan pencernaan.

Pilih tipe yogurt rendah lemak atau yogurt polos tanpa perisa buatan untuk memaksimalkan manfaat yogurt untuk kesehatan. Anda mampu mengimbuhkan oatmeal, buah segar, atau sereal gandum sebagai menu sehat dan sedap untuk anak. Anak termasuk bisa saja menyukai yogurt beku pengganti camilan es krim.

2. Telur
Telur adalah pilihan makanan untuk anak ada masalah makan yang ringan didapat, relatif terjangkau, dan juga mampu diolah bersama mudah. Anda mampu mengimbuhkan si kecil olahan telur yang ringan dan sedap seperti telur dadar, orak-arik, kue, atau telur ceplok bersama tambahan sayur lainnya.

Satu butir telur mengandung 6 gram protein, vitamin D, vitamin B12, zat besi, zinc, selenium, folat, kolin, asam lemak omega-3, dan nutrisi lengkap untuk mendukung pertumbuhan otak anak. Manfaat telur untuk kesehatan anak adalah menambah kemampuan otot, sistem imun, memproses energi, kesehatan mata, dan kulit.

Telur termasuk efisien untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan merawat takaran kolesterol. Sementara kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin yang berperan sebagai sumber antioksidan untuk memelihara kesehatan secara umum.

3. Alpukat
Alpukat punyai tekstur creamy dan rasa yang enak. Anak Anda tentu senang makan buah alpukat baik secara langsung atau diolah jadi tambahan yogurt, jus, es krim, oatmeal, telur dadar, smoothie, roti bakar, dll.

Alpukat mengandung vitamin K, C, B1, B2, B3, B5, B6, E, A, potasium, zat besi, zinc, fosfor, magnesium serat, karbohidrat, dan lemak sehat. Berbagai takaran alpukat berikut mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh anak untuk menghambat berbagai infeksi dan penyakit.

Manfaat alpukat untuk kesehatan anak adalah mendukung kesehatan mata, jantung, tulang, pencernaan, dan kulit. Alpukat termasuk mengandung lemak tak suntuk tunggal untuk mengakibatkan anak kenyang lebih lama bersama asupan nutrisi lengkap.

4. Salmon
Salmon termasuk termasuk dalam himbauan makanan bergizi untuk anak. Anda mampu memproses salmon jadi makanan sehat untuk anak seperti salmon kuah, salmon goreng tepung, sup salmon, abon salmon, pasta salmon, dll.

Salmon adalah sumber omega-3 yang penting untuk kesehatan anak. Manfaat omega-3 adalah mendukung pertumbuhan otak, kesehatan mata, dan juga mengurangi risiko attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) terhadap anak atau masalah mental dimana anak mengalami masalah terhadap pemusatan perhatian/hiperaktivitas.

Salmon termasuk mengandung sumber protein, potasium, selenium, antioksidan, dan juga vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12. Berbagai takaran nutrisi ini memberi manfaat kesehatan bagi anak untuk memperkuat energi ingat, turunkan risiko penyakit jantung, dan memelihara kesehatan secara keseluruhan.

Berdasarkan himbauan dari Environmental Protection Agency (EPA) dan Food plus Drug Administration (FDA), anak-anak menjadi usia 2 th. disarankan untuk makan 1-2 porsi atau kurang lebih 4 ons salmon untuk mendapatkan manfaat kesehatan dan menjauhkan ikan bermerkuri dalam jumlah berlebihan.

5. Ubi Jalar
Siapa yang bilang ubi adalah makanan kampung? Faktanya, ubi mengandung nutrisi dan vitamin lengkap yang baik untuk kesehatan seluruh kalangan. Ubi jalar mengandung vitamin A, B, C, dan E dan juga kalsium, kalium, kalori, serat, mangan, potasium, niasin, copper, dan zat besi.

Manfaat ubi jalar adalah untuk menambah kesehatan usus agar pencernaan anak senantiasa lancar, kesehatan mata, kesehatan otak, sistem kekebalan tubuh, dan menghambat berbagai risiko infeksi.

Anda mampu memproses ubi jadi makanan sedap dan sehat seperti ubi goreng, ubi panggang, saus pasta ubi, kolak, bola-bola ubi, donat ubi, roti ubi, dll. Selain itu, ubi termasuk punyai rasa manis alami yang tentu disukai si kecil.

6. Bayam
Bayam mengandung kalium, magnesium, zat besi, folat, kalsium, serat, beta karoten, mineral, protein, vitamin A, B6, B9, C, K1, dan E. Semua nutrisi dan vitamin berikut berperan dalam menambah kesehatan otak, tulang, mata, kulit, rambut, pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh anak.

Secara lengkap, satu porsi bayam nyaris memenuhi seluruh keperluan vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang anak bersama sehat.

Selain itu, bayam adalah sayuran berdaun gelap yang ringan dimasak bersama berbagai himbauan menu seperti sayur bayam bening, saus pasta bayam, nugget bayam, tumis bayam, hingga campuran untuk berbagai makanan ringan.

7. Kacang dan Biji-Bijian
Kacang dan biji-bijian mengandung protein, kalori, magnesium, folat, selenium, asam lemak esensial, vitamin, dan mineral lengkap yang berperan untuk merawat kesehatan sistem saraf dan menambah suasana hati si kecil. Kacang dan biji-bijian termasuk mengandung antioksidan untuk menangani kerusakan sel pemicu kanker dan penyakit parah lainnya.

Contoh kacang dan biji-bijian adalah pistachio, kenari, almond, kacang mede, kacang tanah, biji labu, biji rami, biji chia, kacang brazil, biji bunga matahari, kacang hijau, dll. Anda mampu memberikannya dalam wujud utuh, makanan ringan, atau tambahan sayur dan tumisan.

8. Oatmeal
Oatmeal adalah makanan gandum utuh yang kaya dapat protein, mangan, fosfor, magnesium, tembaga, zat besi, zinc, folat, vitamin B1, B3, B5, B6 kalsium, kalium, serat, dan rendah kalori. Ini termasuk salah satu makanan sehat untuk anak.

Manfaat oatmeal untuk kesehatan anak adalah untuk menambah kemampuan otak, energi ingat, dan kecerdasan agar anak mampu mengerjakan tugas-tugas sekolah dan pembelajaran umum lainnya bersama baik.

Oatmeal terlalu cocok untuk menu sarapan si Kecil. Anda termasuk mampu mengimbuhkan pelengkap lainnya seperti buah apel, blueberry, pisang, kismis, atau sayuran lainnya untuk sarapan sehat sempurna. Rekomendasi makanan bergizi untuk anak ini termasuk punyai rasa sedap yang tentu disukai.

9. Buah Berry
Terdapat lebih dari satu himbauan makanan bergizi untuk anak, salah satunya adalah tipe buah berry. Beri-berian seperti stroberi, blueberry, raspberry, cranberries, anggur, blackcurrant, blackberry, dan acai berry adalah sumber vitamin, mineral, dan antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan anak.

Berbagai kombinasi nutrisi dan vitamin lengkap dalam berbagai tipe buah berry berfaedah untuk menambah energi ingat, mendukung pertumbuhan otak dan tubuh, dan juga menghambat berbagai risiko infeksi.

Beri termasuk punyai kombinasi asam, manis, dan segar yang cocok dijadikan olahan seperti tambahan es krim, yogurt, smoothie, jus, oatmeal, etc yang tentu disukai anak kendati mereka tidak tertarik untuk makan buah.

10. Whole Grain
Whole grain adalah makanan berbasis biji-bijian utuh seperti beras merah, oatmeal, roti gandum, pasta, biskuit gandum, barley, soba, tortilla gandum, quinoa, bulgur, millet, dll. Ini adalah himbauan tepat sebagai makanan untuk anak ada masalah makan. Makanan ini mengandung serat, protein, antioksidan, mineral termasuk folat, zinc, zat besi, magnesium, dan mangan, dan juga vitamin B termasuk niasin, tiamin.

Manfaat whole grain adalah merawat kesehatan tubuh secara umum, mengurangi risiko obesitas terhadap anak, memaksimalkan asupan gizi sekarang, kesehatan pencernaan, dan juga mengurangi risiko penyakit parah di jaman depan seperti kanker, diabetes, dan lainnya.

11. Sayuran dan Buah Berwarna Oranye
Sayuran dan buah berwarna oranye seperti ubi manis, labu, wortel, jeruk, mangga, kesemek, atau blewah mengandung sumber vitamin A, C, kalium, likopen, dan juga nutrisi lengkap lainnya. Sayur dan buah ini terlalu baik untuk merawat kesehatan anak.

Itulah lebih dari satu himbauan makanan sehat untuk anak. Pastikan anak mendapat asupan nutrisi yang lengkap untuk mendukung perkembangannya agar tumbuh jadi anak yang sehat, cerdas, dan sempurna. Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel Lainnya : teknik dasar sepak bola

Baca Juga :