Mengintegrasikan Sistem Informasi Fungsional
By: Date: June 23, 2020 Categories: Pendidikan

Mengintegrasikan Sistem Informasi Fungsional

Alasan Untuk Integrasi

Selama bertahun-tahun sebagian besar aplikasi TI dikembangkan di bidang fungsional, independen satu sama lain. Hal ini menciptakan potensi masalah dengan berbagi informasi, terutama ketika proses bisnis dilakukan di beberapa departemen, seperti pemenuhan pesanan atau menyiapkan daftar gaji. Banyak perusahaan mengembangkan sistem mereka sendiri disesuaikan, disebut sebagai rumah tumbuh sistem, yang berurusan dengan prosedur standar untuk melaksanakan proses transaksi/kegiatan operasional. Organisasi yang lebih kecil, pilihan tersebut adalah lebih menarik. Memang, beberapa ratus produk komersial yang tersedia untuk mendukung masing-masing bidang fungsional utama.

Untuk membangun sistem informasi di sepanjang proses bisnis (yang lintas jalur fungsional) membutuhkan pendekatan yang berbeda. Pencocokan proses bisnis dengan kombinasi beberapa fungsional dari paket dapat menjadi solusi di beberapa daerah. Sebagai contoh, dimungkinkan untuk mengintegrasikan manufaktur, penjualan, dan perangkat lunak akuntansi jika mereka semua berasal dari vendor perangkat lunak yang sama. Namun, menggabungkan paket yang ada dari beberapa vendor mungkin tidak praktis atau efektif. Untuk membangun aplikasi yang mudah akan menyeberangi garis fungsional dan mencapai database yang terpisah sering membutuhkan pendekatan baru, seperti Web Services, dan suite terintegrasi, seperti yang ditawarkan oleh Oracle.com.

Hambatan-hambatan Integrasi Sistem informasi antar departemen dan kantor pusat perusahaan mengurangi duplikasi usaha. Salah satu faktor kunci untuk integrasi, khususnya dengan mitra bisnis, kesepakatan pada standar yang sesuai. Integrasi dapat dilakukan oleh perangkat lunak komputer, yang dikenal sebagai middleware, yang menghubungkan program perangkat lunak lainnya. Sistem informasi terpadu dapat dibangun dengan mudah di sebuah perusahaan kecil. Dalam organisasi besar, dan bahkan di perusahaan multinasional, integrasi mungkin memerlukan lebih banyak usaha.

https://teknologia.co.id/adventure-time-puzzle-quest-apk/