Orang Kecanduan Instagram akan Lebih Bahagia?
By: Date: April 23, 2020 Categories: Teknologi

Orang Kecanduan Instagram akan Lebih Bahagia?

Orang Kecanduan Instagram akan Lebih Bahagia

Banyak orang beranggapan, khususnya orang tua, jika keseringan bermain sosial media seperti Instagram, tidak baik bagi seseorang, sebab waktu-waktu berharga bisa terlewat akibat sibuk bermain sosmed.

Tetapi, akhir-akhir ini ada sebuah penelitian terbaru yang diunggah di jurnal

Personality and Social Psychology menyatakan bahwa hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Penelitian yang melibatkan 2000 orang dalam 9 jenis eksperimen itu membuktikan mereka yang suka memotret apapun lebih bahagia dibandingkan dengan mereka yang tidak mengabadikannya.

“Ini penelitian mendetail pertama yang menginvestigasi bagaimana mengabadikan photo dapat mempengaruhi tingkat kebahagiaan dari kegiatan mereka,” kata Kristin Diehl, seorang ilmuwan dari University of Southern California, yang juga sebagai ketua dalam penelitian tersebut.

Dia juga menyebutkan, mereka yang suka berphoto disebuah acara juga diklaim

lebih menikmati acara tersebut. Namun, penelitian ini menunjukkan kalau perlengkapan yang dipakai untuk memotret dianggap ‘mengganggu,’ misalnya kamera terlalu besar atau sulit digunakan, maka kebahagiaan itu pun akan sirna.

Penelitian ini lah yang menjadi dasar baru untuk melihat sisi lain

dari kecanduan sosial media, khususnya Instagram yang memang berbasis photo. Apabila menghabiskan waktu dengan mengambil photo pada setiap kesempatan bisa membuat orang bahagia, tentu saja para Instagram mania yang lebih bahagia dari orang lain. So, bagaimana menurut Anda?

 

Baca Juga :