Organisasi Mossad
By: Date: June 24, 2020 Categories: Pendidikan

Table of Contents

Organisasi Mossad

Mossad memiliki departemen terdiri dari:
1.      Departemen Pengumpul/Collection Departemen (terbesar), melakukan operasi spionase,  dengan anggotanya yang tersebar di kedutaan, konsulat serta lembaga-lembaga lainnya, menerapkan cover name dan cover job dalam operasional di lapangan. Termasuk didalamnya melakukan pengkaderan dan perekrutan anggota baru.
2.      Departemen Penghubung dan Kegiatan Politik/ Political Action and Liason Departemen melakukan kegiatan politik dan penghubung dengan badan intelijen luar negeri mitra kerja dimana Israel tidak mempunyai hubungan diplomatik.
3.      Divisi Operasi Khusus/Special Operations Division, atau disebut Metsada (pelaksana eksekusi) melakukan pembunuhan canggih, sabotase, perang urat saraf.
4.      Departemen Lohamah Psichologit (LAP) melakukan propaganda, perang urat saraf, dan operasi desepsi, pembinaan mental baik psikologi serta doktrinasi anggota.
5.      Departemen Teknologi/ Technology Departement mengembangkan teknologi maju untuk mendukung operasi Mossad.
6.      Departemen Riset/Research Departement membuat laporan harian, laporan mingguan dan laporan pengumpulan data, penelitian, pengembangan studi kasus dan lain-lain.