Pengertian Aktiva Tetap
By: Date: September 13, 2020 Categories: Pendidikan
Pengertian Aktiva Tetap

Pengertian Aktiva TetapPengertian Aktiva Tetap

Menurut Standar Akuntansi Keuangan (2002, Nomor 16.2 Paragraf 05) “Aktiva tetap adalah aktiva tetap berwujud yang digunakan dalam bentuk siap pakai atau dengan dibangun terlebih dahulu yang digunakan dalam operasi perusahaan. Tidak dimaksudkan untuk dijual dalam rangka kegiatan normal perusahaan dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun”.

Aktiva tetap adalah barang berwujud milik perusahaan yang sifatnya relative permanen dan digunakan dalam kegiatan normal perusahaan, bukan untuk diperjualbelikan.

2.2 Kriteria Aktiva Tetap

Berdasarkan definisi tersebut, jelas bahwa tidak setiap asset perusahaan dapat dikelompokkan sebagai aktiva tetap. Agar dapat dikelompokkan sebagai aktiva tetap, suatu asset harus memiliki kriteria tertentu, yaitu :

  1. Berwujud

Ini berarti asset tersebut berupa barang yang memiliki wujud fisik, bukan sesuatu yang tidak memiliki bentuk fisik seperti goodwill, hak paten, dan sebagainya.

  1. Umurnya Lebih dari Satu Tahun

Asset ini harus dapat digunakan dalam operasi lebih dari satu tahunatau satu periode akuntansi. Walaupun memiliki bentuk fisik, tetapi jika masa manfaatnya kurang dari satu tahun sperti kertas, tinta printer, pensil, penghapus, selotif, dan sebgainya tidak dapat dikategorigakan sebagai aktiva tetap. Dan yang dimaksudkan dengan umur asset tersebut adalah umur ekonomis, buka umur teknis, yaitu jangka waktu dimana suatu asset dapat digunakan secara ekonomis oleh perusahaan.

Sumber :

https://tukangkonten.com/