Pengertian Data Center serta Fungsi dan Pemanfaatannya
By: Date: February 15, 2020 Categories: Pendidikan Tags:
Data Center

Pusat data adalah ruang yang dirancang untuk menghubungkan server komputer dan perangkat jaringan komputer ke Internet. Konsep pusat data juga dapat dipahami sebagai “pusat data” dalam bahasa Indonesia.

Ruang pusat data harus aman dan stabil terhadap gangguan fisik dan virtual untuk memenuhi persyaratan khusus agar pengguna dapat dengan mudah dan cepat mengakses data di server pusat data. Karena itu, saat mengembangkan pusat data, Anda memerlukan konsultan pusat data yang berpengalaman untuk membangunnya.

Seperti Google dan Facebook, ia memiliki pusat data aktivitas hariannya sendiri. Selain itu, pusat data Google dan Facebook dibagi menjadi pusat data besar puluhan ribu meter.

Dari pusat data

Data Center

Selain memahami pusat data yang disebutkan di atas, tujuan pusat data atau pusat data harus mudah diakses, cepat, andal, dan bebas kesalahan. Secara umum, pusat data harus memenuhi kriteria berikut:

  • Lokasi pusat data di daerah yang aman dari banjir, gempa bumi dan tanah longsor, gangguan dengan protes anarkis dan gangguan lainnya. Penting untuk memenuhi standar pusat data sebagai tempat yang aman untuk perlindungan data perusahaan. Selain itu, pusat data harus berada di lokasi yang sulit disemprotkan karena harus mendinginkan pusat data secukupnya untuk mengurangi biaya tanpa membahayakan kualitas layanan. Pusat data Indonesia yang memenuhi persyaratan ini adalah pusat data buta huruf, sedangkan Pusat Data Jakarta mengandalkan PAM Water, pemasok sistem pendingin air pusat data.
  • Yang pasti, pusat data harus memiliki akses ke data, misalnya, kecepatan serat jaringan. Pengalaman mengelola efisiensi jaringan memiliki dampak signifikan pada stabilitas pusat data, terutama untuk layanan co-location dari server yang ditawarkan.
  • Skalabilitas, pusat data umumnya fleksibel saat melayani klien mereka (misalnya, manajemen ukuran server sederhana). Itu harus didukung oleh struktur desain pusat data yang memungkinkan efisiensi dan pilihan penggunaan perangkat pusat data dan memberikan fleksibilitas untuk skalabilitas yang cepat dan akurat.

Pentingnya Pusat Data dalam Infrastruktur TI

1. Daya tak terputus

Pusat data memiliki sistem daya yang sangat baik. Jika terjadi kegagalan daya, baterai biasanya mentransmisikan data ke input generator diesel. Dengan cara ini ada sedikit gangguan pada catu daya. Menunjukkan waktu pemeliharaan server yang lebih lama.

2. Keselamatan atau keamanan

Keamanan adalah salah satu fitur paling penting yang dibutuhkan klien di pusat data mereka. Semua akses fisik sepenuhnya dikontrol. Semua aktivitas yang direkam dalam data dan video biometrik memungkinkan Anda memverifikasi identitas Anda.

3. Pemrosesan dan penyimpanan

Dengan prosesor multi-core baru di pasaran saat ini, Anda dapat mempercepat pemrosesan pusat data Anda dalam hitungan jam. Jika perlu, Anda dapat menambahkan penyimpanan tambahan.

4. Banyak penyedia IP

Internet berkecepatan tinggi sangat penting untuk e-commerce. Mengingat akses yang diperlukan yang paling dibutuhkan untuk bisnis Internet saat ini, banyak penyedia layanan IP berada di satu tempat.

Ini telah terbukti sangat berguna untuk langganan tautan individual. Ini adalah penghematan modal jika Anda hanya menyewa tautan untuk jangka waktu tertentu dan tidak membeli saluran terpisah.

Sumber : https://ruangguru.co/