PENGERTIAN ETOS KERJA MENURUT AHLI
By: Date: May 4, 2020 Categories: Pendidikan
PENGERTIAN ETOS KERJA MENURUT AHLI

PENGERTIAN ETOS KERJA MENURUT AHLI

PENGERTIAN ETOS KERJA MENURUT AHLI

TAMARA

Menurut seorang ahli yang bernama Tamara pada tahun 2002, etos kerja adalah sikap pada ketepatan waktu, kejujuran, komitmen, kuat pendirian, displin, percaya diri, tanggung jawab, kreatif, dan komitmen yang kuat pada diri sendiri.

• MAX WEBER

Max Weber seorang ahli terkenal mengatakan bahwa, etos kerja adalah perilaku kerja yang etis atau layak dan menjadi sebuah kebiasaan kerja yang baik dengan berporos pada etika dalam kerja.

• TOTO ASMARA

Menurut Toto Asmara pada tahun 2002, etos kerja adalah sebuah totalitas dari kepribadian diri dalam cara mengekspresikan, meyakini, memandang, dan memberikan makna yang berarti dalam segala sesuatu yang berguna untuk mendorong untuk melakukan tindakan dan meraih amal yang optimal. Hal ini menyebabkan pola hubungan sesama manusia dengan dirinya dan pada manusia lain terjalin baik.

• USMAN PELLY

Etos kerja menurut ahli Usman Pelly adalah sebuah sikap yang muncul dari kemauan dan kesadaran diri sendiri. Hal ini didasari oleh nilai orientasi budaya masing-masing seseorang akan pekerjaannya.

• SINAMO

Pengertian Sinamo mengenai etos kerja adalah bentuk sebuah konsep tentang cara kerja atau paradigm kerja yang sudah diyakini oleh seseorang atau bahkan sekelompok orang. Ini sebagai cara yang baik dan benar dengan mewujudkan sebuah perilaku kerja menggunakan cara khas dan unik.

• MYDRAL DALAM SUSENO

Pada tahun 1999, Suseno mengatakan bahwa etos kerja ada dalam 12 poin penting dalam membantu menyukseskan proses pembangunan, yaitu :

1. Sikap tepat waktu
2. Kejujuran
3. Sikap dalam bekerja sama
4. Kecepatan dalam mengubah sebuah kesempatan
5. Kesediaan diri memandang jauh situasi ke depan
6. Kesediaan untuk mengubah diri
7. Sikap untuk bersandar pada kemampuan diri
8. Sikap untuk bekerja sama
9. Kesederhanaan diri
10. Kerajinan
11. Mengikuti rasio pikiran untuk mengambil sebuah keputusan serta tindakan
12. Efisien dalam segala hal


Sumber: https://www.terbaru.co.id/might-and-mayhem-apk/