PENGERTIAN INTERAKSI SOSIAL
By: Date: May 4, 2020 Categories: Pendidikan
PENGERTIAN INTERAKSI SOSIAL

PENGERTIAN INTERAKSI SOSIAL

PENGERTIAN INTERAKSI SOSIAL

Interaksi sosial adalah

beragam hal yang berkaitan terhadap hubungan sosial berupa hubungan antar individu, hubungan antar kelompok maupun hubungan antara individu dengan kelompok. Interaksi sosial merupakan pondasi kehidupan sosial manusia.

Selain itu sebagian orang lebih sukan mendefinisikan interaksi sosial sebagai sebuah proses yang mempengaruhi, memperbaiki atau mengubah tindakan individu atau kelompok melalui bahasa dan simbol-simbol.

CIRI-CIRI INTERAKSI SOSIAL

  • Terdapat lebih dari satu orang individu atau kelompok. Interaksi sosial tidak akan terjadi apabila hanya terdapat satu orang atau satu kelompok, karena tidak ada yang dipengaruhi dan tidak ada yang mempengaruhi.
  • Terdapat komunikasi menggunakan simbol antar pelaku. Komunikasi sosial melibatkan segala hal yang dapat disampaikan dan dapat diterima oleh antar pelakunya. Komunikasi sosial ini tidak hanya melalui lisan namun juga bisa dilakukan dengan gestur tubuh, isyarat ataupun ekspresi wajah yang ditunjukkan.
  • Terdapatnya dimensi waktu (masa lalu, masa sekarang dan masa depan) yang memengaruhi sifat perilaku yang sedang terjadi.
  • Terdapatnya tujuan-tujuan tertentu dari komunikasi. Misalnya, di sebuah toko terjadi interaksi sosial antar penjual dan pembeli. Si pembeli melakukan interaksi sosial dengan tujuan mendapatkan keperluan yang dibutuhkan dari toko si penjual. Sedangkan penjual melakukan interaksi sosial dengan pembeli dengan tujuan menawarkan barang dagangannya sehingga si pembeli mau menukarnya dengan uang yang sebanding.

PERBEDAAN HUBUNGAN SOSIAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL

Sebenarnya bisa dikatakan bahwa perbedaan diantara hubungan sosial dan interaksi sosial cukup bias atau tidak memiliki garis tegas dan hampir tidak terlihat. Ini diakibatkan karena kedua hal ini sama-sama berpusat pada hubungan antara individu atau kelompok satu dengan yang lain. Hubungan sosial dan interaksi sosial keduanya bersama-sama melibatkan komunikasi dalam melakukan prosesnya dimana keduanya juga memiliki tujuan dan faktor pendorong sebagai proses sosial.

Meskipun hampir mirip teta ada beberapa perbedaan yang dapat dilihat dari keduanya. Secara sederhana, interaksi sosial merupakan bagian dari hubungan sosial. Interaksi sosial merupakan konsep  lebih menjelaskan bagaimana aksis dari dua pelaku sosial berkomunikasi sedangkan hubungan sosial merupakan konsep yang lebih menjelaskan bagaimana relasi dan kondisi antara para pelaku sosial tersebut.


Sumber: https://periskop.co.id/sniper-war-apk/