Pengertian Karakter Dasar

Pengertian Karakter Dasar

Pengertian Karakter Dasar

 

Menurut Sudewo, (2011: 67-70) menjelaskan bahwa kecuali rumah pasir

Hampir semua rumah mempunyai fondasi. Semakin tinggi bangunan, semakin dalam dan kokoh fondasi yang ditanamkan. Jika tidak, dipastikan bangunan akan terjungkal atau rubuh seketika. Begitu juga dengan manusia, manusia seharusnya memiliki fondasi dalam hidupnya.

Fondasi manusia yaitu nilai-nilai yang menjadi landasan hidup. Nilai-nilai karakter dasar sebagai fondasi telah ditanamkan sejak kecil. Fondasi inilah yang nanti akan mengawal seseorang dalam kehidupannya. Karakter dasar menjadi kokoh karena ditopang dengan nila-nilai tertentu. Nilai-nilai ini, menjadi penentu sifat dasar manusia, penentu ketahanannya menghadapi godaan dikehidupan dunia fana ini.

 

Manusia yang kuat prinsipnya pun terkadang terpleset

Apalagi yang hidup tanpa nilai. Karakter dasar merupakan fondasi sehingga perlu ada dalam tiap diri manusia. Semakin kuat dilatih, akan semakin kokoh dirinya. Dengan karakter dasar ini, manusia manapun akan bisa hidup dengan tenang. Jika berkembang, karakter dasarnya akan menjaga untuk menjadi lebih baik lagi. Di dalam karakter dasar, terdapat sifat baik yang terdiri atas tiga nilai. Nilai pertama yaitu tidak egois, kedua jujur, dan ketiga disiplin.

 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1995: 445) (dalam Aqib, 2012: 74)

Menjelaskan bahwa istilah ‘karakter’ berarti sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan orang lain: tabiat, watak. Wyne (dalam Aqib, 2012: 74), menjelaskan bahwa kata karakter berasal dari Bahasa Yunani yang berarti “to mark” (menandai) dan memfokuskan bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku. Jadi istilah karakter erat kaitannya dengan personality(kepribadian) seseorang, dimana seseorang dapat disebut orang yang berkarakter (a person of character) jika tingkah lakunya sesuai dengan kaidah moral.

 

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian dari karakter dasar adalah

Seseorang individu yang memiliki nilai-nilai fondasi yang diaplikasikan dalam sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan orang lain. Seseorang yang memiliki karakter dasar mengetahui bagaimana cara mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku agar sesuai dengan kaidah moral yang ada dalam kehidupan ini. Dengan karakter dasar ini, manusia manapun akan bisa hidup dengan tenang. Seseorang yang mengembangkan karakter dasar ke dalam kehidupannya akan senantiasa menerapkan sifat baik yang terdiri atas tiga nilai di antaranya, nilai pertama yaitu tidak egois, kedua jujur, dan ketiga disiplin.

Sumber : https://bandarlampungkota.go.id/blog/jaring-jaring-kubus/