Pengertian Psikologi Pendidikan
By: Date: June 28, 2020 Categories: Uncategorized

 Pengertian Psikologi Pendidikan

Pendidikan ialah segala usaha yang dilakukan dengan sadar, dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku manusia ke arah (yang baik) yang diharapkan. Psikologi pendidikan merupakan salah satu cabang psikologi pada umumnya. Psikologi, sebagai suatu ilmu merupakan pengetahuan ilmiah, suatu science yang diperoleh dengan pendekatan ilmiah, kajian-kajian ilmiah yang dijakankan secara terencana, sistematis, terkontrol berdasarkan data empiris. Psikologi sebagai ilmu mengenai aktvitas individual digunakan secara luas, tidak hanya mencakup aktivitas motorik, tetapi juga mencakup aktivitas kognitif, dan emosional. Perilaku aatu aktivitas manusia mencakup perilaku yang menampak, maupun perilaku yang tidak menampak yang mencakup ativitas motorik, kognitif, maupun emosional.
Psikologi pendidikan adalah disiplin vital atau hal penting yang memberikan kontribusi terhadap pendidikan dalam memahami makna pembelajaran, peserta didik, proses belajar, strategi pembelajaran, dan strategi asessment pembelajaran. Menurut Glover dan Ronning (dalam Elliot, 2000) Psikologi Pendidikan adalah penerapan psikologi dan metode-metode psikologi untuk studi perkembangan, belajar, motivasi belajar, pengajaran, assessment, dan aspek-aspek psikologis lainnya yang berkaitan dengan isu-isu yang berpengaruh dan berinteraksi dengan proses belajar dan pembelajaran.
B. Tujuan Psikologi Pendidikan
• Memberikan orientasi mengenal lapangan studinya
• Mengemukakan masalah-masalah yang hingga kini terdapat di dalam lapangan yang ditelusuri oleh Psikologi Pendidikan yakni: Perkembangan anak, proses dan teori belajar, evaluasi, kesehatan mental dsb., dengan kata lain: masalah-masalah yang terdapat dalam situasi pendidikan, termasuk situasi pengajaran.
• Meneliti faktor manusia dalam proses pendidikan dan pengajaran, mempelajari pendidik dan anak didik dalam situasi belajar mengajar, mempelajari keadaan manusia sebagai individu dan makhluk sosial dalam proses pendidikan dan pengajaran, perbedaan dan persamaannya dengan orang lain, kemudahan dan kesulitan yang dialaminya dalam proses itu.
C. Sejarah Ringkas dan Tokoh – Tokoh Psikologi Pendidikan
Bidang psikologi pendidikan didirikan oleh beberapa perintis bidang psikologi sebelum awal abad ke-20. Ada tiga perintis terkemuka yang muncul di awal sejarah psikologi pendidikan. Tokoh tersebut adalah William James, John Dewey, dan E.L. Thorndike.
William James. Dia adalah seorang filsuf dari Amerika Serikat, yang terkenal sebagai salah seorang pendiri Mazhab Pragmatisme. Selain sebagai filsuf, James juga terkenal sebagai seorang psikolog. Ia dilahirkan di New York pada tahun 1842. Setelah belajar ilmu kedokteran di Universitas Harvard, ia belajar psikologi di Jerman dan Perancis. Kemudian ia mengajar di Universitas Havard untuk bidang anatomi, fisiologi, psikologi, dan filsafat, hingga tahun 1907. Tak lama setelah meluncurkan buku ajar pikologinya yang pertama, yang pertama, principles of psychology, William James memberikan serangkaian kuliah yang bertajuk “talks to Teacher”. Dalam kuliah ini dia mendiskusikan aplikasi psikologi untuk mendidik anak. James mengatakan bahwa eksperimen psikologi di laboratorium sering kali tidak bisa menjelaskan kepada kita bagaimana cara mengajar anak secara efektif. Dia menegaskan pentingnya mempelajari proses belajar dan mengajar di kelas guna meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu rekomendasinya adalah mulai mengajar pada titik yang sedikit lebih tinggi di atas tingkat pengetahuan dan pemahaman anak dengan tujuan memperluas cakrawala pemikiran anak.

 

https://littlehorribles.com/chromecast-apk/