Pengertian Sendi
By: Date: April 25, 2020 Categories: Pendidikan
Pengertian Sendi

Table of Contents

Pengertian Sendi

Pengertian Sendi

Sendi adalah

suatu struktur khusus seperti ruangan yang berfungsi sebagai penghubung antar tulang agar tulang dapat bergerak. Hubungan dua tulang tersebut dikenal dengan artikulasi. Untuk fungsi utama sendi ialah untuk memberikan fleksibilitas dan pergerakan pada tempatnya, yang sebagai poros anggota gerak.


Kartilago akan membesar lalu kedua ujungnya akan diliputi jaringan ikat. Kemudian kedua ujung kartilago membentuksel-sel tulang, keduanya diselaputi oleh selaput sendi (membran sinovial) yang liat dan menghasilkan minyak pelumas tulang yang disebut cairan sinovialDua tulang atau lebih dapat melekat bersama pada sendi yang dihubungkan oleh jaringan yang kuat dan elastis, disebut ligamen.


Dalam hal ini untuk jumlah sendi manusia berkisar 360 keseluruhannya seperti yang telah disabdakan Rasulullah SAW yang dalam hadist riwayat muslim No. 1675, sesuai dengan hadist tersebut, Dr. Hamid Ahmad Hamid menyebutkan dalam bukunya yang berjudul Rihlah Al-Imam Jism Al-Insan yang secara rinci jumlah sendi tersebut. Yang berdasarkan sifat pergerakannya salah satu jenis sendi ialah sendi mati.


Rangka tubuh manusia tersusun dari tulang-tulang yang saling berhubungan. Hubungan antartulang disebut sendi. Dengan adanya sendi, kaki dan tanganmu dapat dilipat, diputar dan sebagainya. Tanpa sendi kamu akan sulit akan bergerak bahkan tidak dapat bergerak sama sekali. Memang ada persendian yang sangat kaku sehingga tidak memungkinkan adanya gerakan. Namun, banyak persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan. Berdasarkan sifat gerak inilah, sendi dibedakan menjadi sendi mati (sinartrosis), sendi kaku (amfiartrosis), dan sendi gerak (diartrosis).


  • Sendi Mati (Sinartrosis)

Sendi mati merupakan hubungan antartulang yang tidak dapat digerakkan. Penghubung antartulangnya adalah serabut jaringan ikat.contoh sendi mati terdapat pada hubungan antartulang tengkorak disebut sutura dan hubungan antartulang pembentuk gelang panggul.


  • Sendi Kaku (Amfiartrosis)

Sendi kaku merupakan hubungan antartulang yang dapat digerakkan secara terbatas. Penghubung antartulangnya adalah jaringan tulang rawan . Contoh sendi kaku terdapat pada hubungan antarruas tulang belakang dan hubungan antara tulang rusuk dengan tulang dada.


  • Sendi Gerak (Diartrosis)

Sendi gerak merupakan hubungan antartulang yang dapat digerakkan dengan leluasa. Pada kedua ujung tulang yang saling berhubungan terbentuk rongga sendi yang berisi minyak sendi (cairan sinovial).


Sumber: https://thephotograph.co.id/flick-shoot-apk/