PENGERTIAN SSD (SOLID STATE DRIVE)
By: Date: June 27, 2020 Categories: Pendidikan,Teknologi
PENGERTIAN SSD (SOLID STATE DRIVE)

PENGERTIAN SSD (SOLID STATE DRIVE)PENGERTIAN SSD (SOLID STATE DRIVE)

SSD, singkatan dari Solid State Drive atau Solid State Disk adalah media penyimpanan data layaknya Hard Disk Drive (HDD) yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Berbeda dengan harddisk yang bergerak secara mekanik untuk mengambil dan menyimpan data atau informasi, SSD bergerak secara elektrik untuk menyimpan dan mangambil data atau informasi. Hal ini tentu saja membuat efektifitas kerja SSD jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD.

SSD memiliki kontruksi komponen yang tidak jauh berbeda dengan USB flash drive yaitu, tersusun dari beberapa komponen IC sebagai memori. SSD (Solid State Drive) bisa dianggap sebagai versi canggih dari USB flash drive dengan kapasitas yang lebih besar dan berfungsi sebagai pengganti hard disk drive (HDD) pada perangkat komputer.

KELEBIHAN SSD ( SOLID STATE DRIVE )

Berikut adalah beberapa keunggulan SSD (Solid State Drive) dibandingkan dengan HDD(Hard Disk Drive) :

1. TIDAK MEMILIKI KOMPONEN YANG BERGERAK

SSD (Solid State Drive) tidak memiliki komponen yang bergerak seperti halnya hard disk drive (HDD). Hal ini cenderung membuat SSD memiliki masa pakai yang lebih lama dibandingkan dengan perangkat yang memiliki komponen yang bergerak. Karena komponen yang bergerak selalu memiliki masa pakai, namun itu bukan berarti bahwa SSD tidak memiliki masa pakai hanya saja dibandingkan benda bergerak, benda tidak bergerak cenderung memiliki ketahanan yang lebih lama.

2. KECEPATAN

SSD (solid state disk) bisa membaca dan menulis data jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD. HDD (hard disk drive) memiliki cara kerja dengan menggerakan lengannya untuk membaca piringan berputar yang ada di dalam HDD sedangkan SSD menggunakan jaringan sel elektrik yang secara cepat dapat mengirim serta memanggil suatu data. Sehingga berapapun kecepatan piringan dan lengan mekanik bergerak yang dimiliki HDD, tentu saja tidak bisa menandingi kecepatan listrik. Karena tidak ada komponen yang bergerak, SSD menjadi jauh lebih hemat daya dan tentu suhu yang dikeluarkan juga rendah.

3. BENTUK FISIK LEBIH RAMPING DAN RINGAN

Keunggulan SSD lainnya adalah bentuk fisik yang lebih kecil dan ringan dibandingkan dengan hard disk drive (hdd). hal ini menjadi terobosan inovasi baru bagi produsen laptop untuk membuat desain laptop yang lebih ramping dibandingkan sebelumnya yang masih menggunakan hard disk drive yang lebih tebal.

KEKURANGAN SSD ( SOLID STATE DRIVE )

Selain kelebihan diatas, SSD juga memiliki beberapa kekurangan. Adapun kekurangan Solid State Drive (SSD) adalah sebagai berikut :

1. HARGA LEBIH MAHAL

Jika dibandingkan dengan harga HDD, saat ini harga SSD jauh lebih mahal dan bisa mencapai 9 kali lipat dari harga hardisk saat ini, namun tidak menutup kemungkinan di kemudian hari harganya akan turun seiring dengan kompetisi pasar.

2. KAPASITAS BELUM MAKSIMAL

Kapasitas SSD saat ini masih sangat terbatas dan masih dalam pengembangan. Dibandingkan dengan HDD yang saat ini bisa mencapai 80 TB, kapasitas maksimal SSD saat ini 4 TB (terabyte) itupun dengan harga yang sangat mahal.


Baca juga: https://whypoll.org/toca-hair-salon-2-apk/