Pentingnya Melakukan Perencanaan Keuangan Bagi Keluarga Muda

Perencanaan keuangan pada awal pernikahan penting dilakukan untuk masa mendatang keluarga yang lebih baik.

Kebanyakan orang yang belum menikah beranggapan bahwa perencanaan finansial hanya diperlukan saat persiapan nikah saja. Tapi kenyataannya, perencanaan finansial tidak dapat berhenti hingga resepsi pernikahan saja. Karena itu, masa-masa mula pernikahan ialah masa yang urgen untuk membina dasar menuju masa mendatang keluarga yang lebih baik.

Banyak orang yang memandang ringan masalah finansial keluarga ini. Mereka beranggapan “Ah, itu dapat dipikirkan nanti saja!”. Padahal, semakin lama keperluan keluarga bakal semakin perumahan dengan meningkatnya anak, usia, dan keperluan hidup laksana dana guna sekolah, melakukan pembelian kendaraan, sampai menyicil rumah. Jadi, anda mesti seksama mengatur finansial keluarga sedini mungkin.

Berdasarkan keterangan dari beberapa berpengalaman perencanaan keuangan, masalah yang dihadapi tidak sedikit keluarga bukanlah terletak pada pendapatan suami dan istri yang kurang, tapi kelaziman yang keliru dalam mengelola uang. Ada sejumlah hal yang dapat dilakukan guna menyiasati urusan ini.

Pertama-tama, suami dan istri mesti duduk bareng untuk merundingkan perencanaan keuangan. Kedua, pasangan mesti menilai pos-pos pengeluaran dan menata penghasilan siapa diletakkan ke pos pengeluaran yang mana. Ketiga, menyusun perkiraan dan menulis setiap pengeluaran masing-masing bulannya. Keempat, menyisihkan duit untuk simpanan dana terpaksa dan lain-lain. Kelima, meluangkan dana guna investasi.

Kelima urusan itu mungkin tampak sederhana, tapi andai kita disiplin guna melakukannya tentu akan bermanfaat untuk masa mendatang keluarga. Dengan membangun finansial rumah tangga yang kokoh, kita tentu akan hidup sejahtera.

Sumber : http://www.seelensturm.net/wcf/acp/dereferrer.php?url=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id