Saat ini, pemerintah tidak memonopoli penjualan bahan bakar minyak otomotif. Perusahaan minyak dan gas swasta baik di dalam maupun luar negeri menggunakan kesempatan ini untuk membuka pompa bensin di beberapa kota. Perusahaan minyak dan gas menjual dengan harga yang sedikit berbeda dari pompa bensin Pertamina, di mana rasio harga bahan bakar lebih murah atau lebih mahal.

Perbandingan Harga BBM di SPBU Swasta dan Pertamina

Masing-masing perusahaan minyak dan gas ini menggunakan campuran yang agak berbeda dari bahan bakar yang mereka jual. Ini mempengaruhi harga jual setiap bahan bakar. Selain Pertamina, ada banyak merek lain yang mengembangkan layanan SPBU. Misalnya, AKR, Vivo, Shell, Total, dan British Petrolium (BP). Bahkan, merek Petronas telah membuka beberapa pompa bensin di Indonesia dan akhirnya ditutup.

Selain menjual minyak, kedua pompa bensin yang dikelola oleh Pertamina Retail dan perusahaan minyak dan gas swasta juga menyediakan beberapa layanan lain ketika orang Medan berkata. Yang paling umum adalah minimarket dan toilet umum. Dua layanan ini sangat berguna bagi pengemudi atau penumpang yang ingin makan makanan ringan karena mereka mengempis atau lapar selama perjalanan. Penumpang dapat beristirahat sejenak dari mobil sambil menunggu mobil diisi bahan bakar.
Perbandingan SPBU Swasta dan Harga BBM Pertamina

Pertama, saya akan menjelaskan terlebih dahulu perbandingan harga penjualan bahan bakar untuk setiap merek dagang. Untuk Pertamina, harga bahan bakar tanpa subsidi ditentukan oleh pemerintah pusat, sehingga perubahan harga minyak global mungkin tidak segera berubah. Berikut ini adalah perbandingan harga bahan bakar di wilayah Jabodetabek.

Harga Bahan Bakar Gratis untuk SPBU Pertamina COCO:

Pertamax Turbo 98 Rp. 11.200
Pertamax 92 Rp. 9,850
Peltalite (90) rupee 7.650
Pertamina Dex Rp. 11.700

Harga bahan bakar gratis di pom bensin Shell

Shell Super 92 Rupiah 9,900
Daya Shell V 95 rupee 10.950
Shell biasa 90 rupee 9.300
Rupee diesel shell 11.900

Harga bahan bakar gratis untuk pompa bensin BP-AKR

BP 90 rupee 9.700
BP 92 Rp 10.250
BP 95 Rp. 11, 250
BP Diesel Rp. 11.700

Harga bahan bakar tanpa subsidi di Total Gas Station

Kinerja 90 rupiah 9,650
Pertunjukan 92 Rp10.200
Kinerja 95 Rupiah 11.200
Performa Diesel Rp. 12.100

Harga bahan bakar gratis untuk pompa bensin Vivo

Revvo 89 Rp. 7,600
Revvo 90 Rp. 9, 250
Revvo 92 Rp. 9,800
Revvo 95 Rp. 10.850

Anda dapat melihat apakah harga masing-masing merek berbeda tergantung pada jenis bahan bakar. Sebagai perbandingan harga bahan bakar, yaitu untuk oktan nomor 95 termurah, Revvo 95 yang dijual oleh Vivo adalah Rs 10.850 dan yang paling mahal adalah BP 95 di BP-AKR dengan Rs 11.250 per liter. Pertamax Turbo 98 milik Pertamina dibanderol dengan harga Rp11.200 per liter.

Masalah kinerja

Masing-masing memiliki komposisi kimianya sendiri dari bahan bakar yang dijualnya. Biasanya ada sedikit perbedaan dalam kinerja kendaraan saat mengisi berbagai jenis bensin, meskipun peringkat oktannya sama. Dalam pengalaman kami, kami telah mencoba beberapa merek, ada bahan bakar yang fokus pada kinerja, tetapi ada juga bahan bakar yang membuat mesin lebih dingin karena kerjanya lebih ringan.

Berbicara layanan ritel, pompa bensin modern tentu tidak bisa hanya menjual bahan bakar. Di SPBU, kebutuhan pengemudi dan penumpangnya semakin meningkat. Hal ini memungkinkan pengecer gas ritel untuk menambahkan pasar mini, toilet dan ruang doa sebagai layanan dasar.

Pasar mini ini merupakan perluasan dari bisnis produk minyak dan gas perusahaan. Jika, di masa lalu, toko pompa bensin biasanya hanya menjual minyak dan air baterai, Anda sekarang dapat menemukan makanan dan minuman di mini market yang tersedia. Bahkan, beberapa pompa bensin sekarang menawarkan sudut ATM untuk pengunjung yang ingin melakukan perbankan dengan cepat.

Beberapa pompa bensin berlokasi strategis dan bahkan bekerja di kafe terbuka untuk pengunjung. Jadi, pemilik mobil bisa santai setelah melakukan rapat atau bertemu BBM. Misalnya, di pompa bensin Pertamina COCO di Jl. MT Haryono, daerah Tebet yang menawarkan kafe dan mini market.

Sumber : https://bandarlampungkota.go.id/blog/rental-mobil-lampung/