Perlombaan Antar Katak

Suatu hari, ada sekelompok katak yang memutuskan untuk membuat sebuah pertandingan adu cepat mencapai puncak dari menara yang tinggi.

Banyak orang yang datang untuk melihat dan memberikan dukungannya. Pertandingan baru saja dimulai, namun semua orang berkata bahwa sekawanan katak tersebut tidak akan pernah mencapai puncak menara.

Sedikit demi sedikit, si katak merasa kecewa dan putus asa, kecuali salah satu dari mereka yang justru terus berlari. Semua orang pun berteriak, “Menyerahlah! Kamu tidak akan pernah sampai puncak!”

Mendengarkan omongan negatif ini, menyebabkan katak-katak lainnya meninggalkan perlombaan, kecuali satu katak yang terus berlari itu. Meskipun sendirian dan kelelahan, ia terus berlari dan akhirnya mencapai puncak.

Mengetahui itu, katak-katak lainnya merasa terkejut dan terheran-heran. Mereka mendatanginya seraya bertanya apa rahasianya. Dan saat itulah mereka menyadari bahwa katak satu itu ternyata tuli.

Pelajaran yang bisa diambil dari cerita dongeng anak lucu ini adalah jangan pernah mendengarkan perkataan negatif dari orang lain. Tutuplah telinga dan berusahalah mewujudkan mimpi yang telah dibuat.

Kalau kamu pandai menceritakannya, si kecil pasti akan memiliki motivasi lebih untuk menjadi anak yang baik. Nah, nggak ada salahnya kan menceritakan dongeng yang sarat pesan untuknya?

Baca Juga :