Resep Tumis Kentang Bihun atau Soun Istimewa Rasanya
By: Date: August 14, 2020 Categories: Umum

Resep Tumis Kentang Bihun atau Soun Istimewa Rasanya

Resep tumis kentang bihun atau kali ini pakai soun merupakan cara sederhana memasak kentang yang membuat rasanya istimewa dan begitu enak disantap. Menu ini tentu sudah tak asing bagi banyak orang, karena juga sering dijumpai di kantin atau warung makan khas Sunda, hingga menu pelengkap dalam acara hajatan atau syukuran (nasi berkat) bahkan prasmanan.
Resep Tumis Kentang Soun atau Bihun
Tumis kentang bihun ini sering disebut juga sambal goreng kentang karena juga menggunakan bumbu sambal. Jika biasanya menggunakan pete maupun ati sebagai campurannya, tumis kentang menggunakan kombinasi bihun atau soun. Lihat juga variasi bahan serta bumbu lainnya di sambal goreng kentang dan sambal goreng kentang ati.

Resep kali ini bisa menjadi solusi mudah dan sederhana untuk mengolah kentang menjadi kreasi menu masakan rumahan yang enak dan istimewa rasanya, namun dapat dibuat dengan anggaran yang cukup murah meriah.

Bahan dan bumbu tumis kentang bihun :

500 gram kentang
1 bungkus soun atau bihun
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 batang serai
2 cm lengkuas, geprek
1 sdt asam jawa
½ sdt garam
¼ sdt kaldu bubuk
100 ml air
3 sdm santan instan sun kara
Secukupnya minyak goreng
Bumbu yang dihaluskan :
7 buah cabe merah besar
7 buah cabe merah keriting
2 cm kunyit
4 butir kemiri
3 siung bawang putih
6 butir bawang merah
Cara membuat tumis kentang bihun :
Kupas kulit kentang lalu potong-potong kotak, cuci bersih kemudian goreng hingga matang.
Rendam soun dalam air dingin biasa hingga sounnya lunak, tiriskan lalu potong-potong dengan pisau agar tidak terlalu panjang.
Panaskan minyak goreng secukupnya dalam wajan, lalu tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, serai, lengkuas dan asam jawa, aduk-aduk sampai harum.
Tuang air, beri garam dan kaldu bubuk, aduk rata lalu masukkan kentang gorengnya, aduk-aduk rata lagi. Masukkan santan selanjutnya masak hingga kering, sambil aduk sesekali agar matang merata.
Terakhir masukkan soun yang sudah direndam tadi, aduk hingga tercampur merata dengan bumbu. Setelah rata dan kering, matikan api lalu tumis kentang soun siap disajikan.

Sumber: https://sewamobilbali.co.id/