Berikut ini adalah tutorial tentang cara menghitung luas, lingkar dan lingkaran diagram dengan contoh-contoh pertanyaan lengkap dengan jawaban untuk diskusi. Diagram lingkaran adalah diagram yang menunjukkan perbandingan antara elemen data dengan membagi lingkaran menjadi lingkaran lingkaran dengan sudut sentral yang sesuai dengan perbandingan.

rumus lingkaran

Diagram melingkar ini dapat digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk derajat (°) dan bentuk persentase (%). Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran:

Jenis – jenis lingkaran

  • Lingkaran penuh berarti 360 ° jika datanya disajikan dalam derajat (°)
  • Lingkaran penuh berarti 100 jika data disajikan sebagai persentase (%)
  • Lingkaran means berarti 90 ° (bentuk gelar) dan 25% (bentuk persentase).
  • ½ lingkaran berarti 180 ° (bentuk berat dan 50% (bentuk persentase).

Rumus Diagram melingkar, lingkaran bulat dan lebar lingkaran sering ditemukan dalam beberapa masalah matematika. Pelajaran matematika diperoleh dari sekolah dasar dan diagram lingkaran mulain dipelajari di sekolah menengah.

Rumus Lingkaran

Pada kesempatan ini, kita akan membahas segala sesuatu tentang rumus lingkaran, baik itu area lingkaran, keliling lingkaran dan juga diagram lingkaran, kita tahu bahwa rumus diagram lingkaran memiliki berbagai jenis bentuk. , dimulai dengan angka, tingkat bentuk, persentase bentuk, teori perbandingan, dan lain-lain. Di sini kita akan mengupas semua perhitungan rumus rumus lingkaran yang dapat Anda lihat secara gratis.

Rumus melingkar:
Perhitungan rumus kesatuan
Luas lingkaran L = π × d² / 4 = π × r² m2
Perjalanan lingkaran K = π × d = 2 × π × rm
Diameter lingkaran d = 2x r m

Ketika melihat tabel di atas dan mencari beberapa sumber web rumus diantaranya https://rumus.co.id, teman-teman pasti telah memperoleh gambar kumpulan rumus lingkaran yang akan kita pelajari. Untuk memudahkan teman memahami perhitungan rumus rumus lingkaran, selanjutnya, kita akan menganalisis satu per satu rumus lingkaran (luas, keliling dan diameter) bersama dengan kumpulan contoh pertanyaan rumus melingkar dengan jawaban untuk Diskusi.

Rumus Lingkaran Area:

Luas lingkaran = π x r²
Deskripsi:
π (phi) = 3.14 atau 22/7
r = jari-jari lingkaran atau setengah diameter lingkaran, jika jari-jari unit adalah meter (m), maka satuan luasnya adalah m².

Contoh Soal Lingkaran

1. Diketahui bahwa keliling lingkaran adalah 88 cm dan nilainya π ² ². Apa area lingkaran itu?

Menjawab:
Karena untuk menghitung luas lingkaran menggunakan rumus π x r², pertama-tama kita menemukan nilai r.
Keliling = 2.π.r
88 = 2.π.r
Balasan
r = 88
2.π
r = 88
2. (²² / 7)
r = 88 x 7
44
r = 2 x 7
r = 14 cm

Setelah menemukan nilai radius (r), kami menghitung luasnya.

L = π x r²
L = ²² / ₇ x 14²
L = ²² x 14 x 14
L = 616 cm²