SISTEM EKONOMI DEMOKRASI TERPIMPIN
By: Date: May 7, 2020 Categories: Pendidikan
SISTEM EKONOMI DEMOKRASI TERPIMPIN

SISTEM EKONOMI DEMOKRASI TERPIMPIN

SISTEM EKONOMI DEMOKRASI TERPIMPIN

Ketika perubahan sistem menuju demokrasi terpimpin dilakukan, maka sistem ekonomi juga mengalami suatu perubahan menuju ekonomi yang terpimpin. Ketika sistem ini diberlakukan, maka segala aspek perekonomian di Indonesia dikendalikan oleh pemerintah pusat yang kepanjangannya adalah pemerintah daerah. Ada beberapa langkah yang ditempuh untuk tujuan pembangunan sektor ekonomi saat itu.

1. ADANYA DEVALUASI ATAU PENURUNAN NILAI RUPIAH

Upaya penurunan nilai mata uang ini bertujuan untuk membendung adanya inflasi yang sangat tinggi kala itu. Keputusan ini dikeluarkan pada 25 Agustus 1959 yang intinya adalah mengganti uang kertas senilai Rp. 500 menjadi Rp. 50. Kemudian mengganti uang kertas senilai Rp. 1.000 menjdi Rp. 100.

2. MEMBENTUK BADAN PERANCANG PEMBANGUNAN NASIONAL

Bappenas atau Badan Perancang Pembangunan ini dibentuk untuk dapat membantu pelaksanaan pembangunan sektor ekonomi di bawah komando Kabinet Karya. Adapun hasil dari badan ini adalah berhasil menyusun Rancangan Undang Undang Dasar Pembangunan Nasional Sementara di tahun 1961-969. Akhirnya Undang Undang ini disepakati oleh MPRS kala itu.

3. MENGADAKAN DEKLARASI EKONOMI (DEKON)

Deklarasi ini dibentuk karena adanya kesulitan mendapat bantuan berupa modal dari tenaga luar negeri. Oleh karena itu, perencanaan pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan dari rakyat tidak tercapai dengan maksimal. Dekon pun akhirnya digadang-gadang sebagai strategi dasar perekonomian Indonesia untuk melakukan revolusi.

4. MENAIKKAN TARAF PERDAGANGAN DAN PERKREDITAN LUAR NEGERI

Langkah ini ditempuh dengan cara membangkitkan sektor pertanian. Hal ini disebabkan karena kebanyakan warga Negara ini berasal dari sektor pertanian. Sehingga, hasil pertaniannya akan diekspor untuk mendapatkan pemasukan devisa Negara yang lebih. Kemudian melakukan impor barang baku yang belum ada di Negara ini.

5. ADANYA PEMBANGUNAN PROYEK MERCUSUAR

Saat proyek mercusuar ini, kondisi ekonomi Negara ini kian buruk. Hal ini terjadi akibat adanya pembengkakan biaya untuk menangani proyek ini. Proyek ini memfokuskan diri kepada pembangunan ibu kota supaya Negara ini memperoleh perhatian dari luar negeri. Akhirnya, pemerintah pun membangun yang namanya gedung Conefo sebagai contohnya.


Baca Juga :