Mobil ini dijual dalam varian yang berbeda yang secara otomatis mempengaruhi harga Daihatsu Xenia 2019. Varian termurah adalah tipe D dan tipe M yang menggunakan mesin 3 silinder dengan kapasitas 989 cc. Selanjutnya, ada juga tipe X dan R yang menggunakan mesin 4 silinder dengan kapasitas 1,329 cc. Penampilannya tentu berbeda, karena semakin besar kapasitas mesin, semakin besar tenaga dan torsi yang dikeluarkan. Untungnya, semua varian mesin Daihatsu Xenia dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i.

Spesifikasi mesin Daihatsu Xenia

Jenis mesin

EJ-VE DOHC VVT-i (tipe D & M)
1NR-VE DOHC Dual VVT-i (tipe X & R)

Volume silinder

989 cc (tipe D & M)
1.329 cc (tipe X & R)

Diameter x Langkah

72.0 x 81.0 (tipe D & M)
72,5 x 80,5 (tipe X & R)

Kekuatan maksimum

63 PS / 5.600 rpm (tipe D & M)
97 PS / 6.000 rpm (tipe X & R)

Torsi maksimum

9,2 Kg.m / 3,600 rpm (tipe D & M)
12,3 Kg.m / 4.200 rpm (tipe X & R)

Power steering dan pinion dengan power steering listrik
Sistem transmisi otomatis 5 kecepatan manual / 4 kecepatan

Teknologi VVT-i ganda dikombinasikan dengan sistem pembakaran EFI (Electronic Fuel Injection), sehingga mesin lebih responsif dan lebih efisien bahan bakar. Sekarang bagi orang yang membeli tipe D atau tipe M, Masbro dapat menikmati hembusan tenaga yang mencapai 63 hp pada 5.000 rpm dan torsi maksimum 9,2 kg-m pada 3.600 rpm. Tenaga dan torsi kurang dari Xenia atau Xenia tipe R, yang dapat menghasilkan hingga 97 hp pada 6.000 rpm dan torsi 12,3 kgm pada 4.200 rpm.
Desain Daihatsu Xenia

Desain Daihatsu Xenia
Interior dan eksterior
dimensi

4190 x 1660 x 1685 mm (tipe D & M)
4140 x 1660 x 1695 mm (tipe X & R)

Ground clearance

190 mm (tipe D & M)
200 mm (tipe X & R)

Jarak landasan

1425 mm (depan)
1435 mm (belakang)

Sumbu roda 2,655 mm
Kapasitas tangki 36 liter
Kapasitas penumpang 7 orang

Harga Daihatsu Xenia tipe X dan tipe R sebenarnya lebih mahal, sehingga wajar untuk memiliki kinerja yang lebih baik. Jadi dalam hal interior, mobil ini menawarkan desain kabin dua nada yang membuatnya lebih mewah dan didukung oleh kabin yang tenang untuk menambah kehangatan dan kegembiraan semua anggota keluarga saat mengemudi. Selain itu, Daihatsu Xenia memiliki 3 baris ruang luas untuk kaki dan kursi kedua dan ketiga dapat dilipat untuk meningkatkan kapasitas bagasi.
Baca juga: Harga, spesifikasi internal dan gambar Daihatsu Sirion 2019

Sangat disayangkan mobil ekonomis ini tidak dilengkapi dengan fitur Audio Steering Switch. Sistem audio 2 DIN dengan layar sentuh 7 inci hanya tersedia di R Custom, jadi untuk jenis lain Anda harus membelinya secara terpisah. Selain itu, ada juga fungsi AC Blower Ganda untuk semua varian tipe M, X dan R. Sekarang untuk tipe D masih menggunakan AC Single Blower. Untungnya, semua cairan dilengkapi dengan Power Window dan Electric Power Steering, sehingga semuanya terlihat modern

Selain di luar, Daihatsu Xenia 2019 memiliki penampilan yang lebih kuat dan elegan. Mobil ini akan tampil lebih istimewa daripada generasi Xenia sebelumnya. Namun perubahannya sangat kecil, sehingga Daihatsu harus meluncurkan Xenia generasi terbaru untuk bersaing dengan mobil MPV terbaru, seperti Mitsubishi Xpander, Wuling Cortez, dll. Mobil ini juga tidak menggunakan lampu LED, karena masih menggunakan reflektor untuk proyektor yang menyatu dengan grille depan. Masbro juga menerima fungsi Daytime Running Light (DRL) saat membeli Daihatsu Xenia R Sporty.

Daihatsu menyebut mesin ini sebagai “Great New Xenia”. Wajar jika disebut demikian, karena mobil ini menawarkan fitur keselamatan yang cukup lengkap. Salah satu fitur utamanya adalah SRS Dual Airbag yang melindungi penumpang jika terjadi kecelakaan, sehingga terhindar dari cedera. Bahkan tabrakan sampingnya aman, berkat teknologi Side Impact Beam. Selain itu, immobilizer terintegrasi dengan sistem alarm juga tersedia yang membuat mobil lebih aman dan mencegah pencurian.

Sumber : daihatsu kotabumi