Survei Gaya Hidup Mahasiswa; 44% Chating, 23% Baca, 18% Game Online

Survei Gaya Hidup Mahasiswa; 44% Chating, 23% Baca, 18% Game Online

Survei Gaya Hidup Mahasiswa; 44% Chating, 23% Baca, 18% Game Online

Era digital memang sudah mengubah gaya hidup manusia.

Tidak terkecuali mahasiswa. Sebagai generasi penerus dan insan akademis pun mulai menyingkirkan tradisi membaca buku. Hasil survei penulis baru-baru ini pada 120 mahasiswa di Jakarta, diperoleh angka 44% mahasiswa lebih senang chating di gawai, 23% membaca buku, 18% bermain game online, dan 15% menonton TV. Apa artinya? Ini sinyal bahwa tradisi memaca di kalangan mahasiswa bisa jadi sudah luntur akibat gempuran era digital dan dinamika gaya hidup teknologi.

Sungguh, Indonesia

dihadapkan pada tantangan besar untuk menegakkan tradisi membaca dan budaya literasi di masyarakatnya. Jangan masyarakat umum, insan akademis pun mulai menjauh dari perilaku dan gaya hidup ilmiah. Akses digital yang serba mudah, suka tidak suka, sudah melunturkan kebiasaan membaca mahasiswa. Kondisi ini bisa jadi memprihatinkan. Apalagi bagi masyarakat kampus, tumbuh suburnya budaya membaca seharusnya menjadi acuan dalam mengukur kualitas pendidikan dan kemajuan baik secara personal maupun sosial.

Tradisi membaca dan budaya literasi kian

mengendor di kalangan mahasiswa. Maka semua pihak, patus melakukan antisipasi terhadap gejala ini. Karena dampaknya, budaya menulis pun di kalangan mahasiswa pun akan lebih rendah lagi.

 

Sumber :

https://www.belajarbahasainggrisku.id/