Memahami Teks Eksplanasi

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan teks penjelas (teks penjelas). Pengertian teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses atau fase-fase “mengapa” dan “bagaimana” terjadinya suatu fenomena atau peristiwa yang berkaitan dengan alam, masyarakat, ilmu pengetahuan dan budaya.

Pendapat lain adalah bahwa konsep teks penjelasan adalah paragraf atau teks yang isinya berisi informasi tentang fenomena terjadinya suatu fenomena, baik itu fenomena alam, sains atau kehidupan sosial dan budaya. Jenis teks ini sering ditemukan dalam buku-buku tentang sains, geografi, dan sejarah.

Setiap peristiwa di sekitar kita tentu memiliki proses dan hubungan sebab akibat dengan peristiwa lain. Teks penjelasan menjelaskan hubungan sebab akibat dengan menggunakan aspek-aspek “mengapa” dan “bagaimana” dari suatu peristiwa.

Pada dasarnya, tujuan teks penjelasan adalah untuk menjelaskan mengapa dan bagaimana suatu fenomena atau peristiwa terjadi. Misalnya, artikel tentang efek pemanasan global, letusan Gunung Merapi dan sebagainya.

Referensihttps://ilmubelajar.com/

Karakteristik Teks Eksplanasi

Teks penjelasan memiliki fitur tertentu yang membedakannya dari jenis teks lainnya. Fitur teks penjelasan adalah sebagai berikut:

  • Semua informasi yang terkandung dalam teks ini didasarkan pada fakta (fakta) tanpa pendapat tambahan dari penulis.
  • Topik yang dibahas adalah fenomena ilmiah atau ilmiah.
  • Jenis teks ini informatif dan tidak berusaha meyakinkan pembaca untuk percaya pada hal-hal yang sedang dibahas.
  • Struktur teks terdiri dari tiga jenis, yaitu: pernyataan umum, urutan penjelasan atau sebab dan akibat serta interpretasi.
  • Untuk penjelasan dalam penanda urutan teks ini digunakan, mis. Pertama, kedua, ketiga dan lainnya.

struktur Teks Eksplanasi

Seperti yang telah disebutkan, teks penjelasan mengandung tiga struktur yang membuat teks ini menjadi satu kesatuan. Struktur teks penjelasan adalah sebagai berikut:

1. Penjelasan Umum
Bagian “Penjelasan umum” berisi penjelasan umum tentang suatu topik atau peristiwa yang dibahas. Pernyataan umum ini dapat berupa pengantar atau penjelasan singkat tentang suatu peristiwa / fenomena.

2. Deretan Penjelas
Baris penjelasan berisi informasi tentang sebab dan akibat dari suatu peristiwa atau fenomena. Baris penjelasan ini diatur sehingga dapat menjelaskan suatu peristiwa dari awal hingga selesai satu demi satu.

3 iInterpretasi
Interpretasi adalah teks terakhir dan tidak perlu. Bagian dari interpretasi ini menjelaskan esensi atau kesimpulan dari pernyataan umum dan urutan penjelasan dari topik yang dibahas.

Jenis Teks Eksplanasi

Menurut Departemen Pendidikan NWS (2012), ada empat jenis teks penjelasan. Berikut adalah beberapa jenis teks penjelasan:

  • Penjelasan berurutan, semacam penjelasan yang menjelaskan detail dari fase suatu fenomena. Misalnya; Urutan siklus hidup rantai makanan.
  • Penjelasan kausal, semacam penjelasan yang secara bertahap menjelaskan asal-usul atau penyebab perubahan dalam suatu hal. Misalnya; proses tanah longsor.
  • Penjelasan teoretis, semacam penjelasan yang mengandung spekulasi tentang kemungkinan yang dapat muncul di balik fenomena alam. Misalnya; Letusan Gunung Merapi dapat memicu bencana alam lain yang menghancurkan.
  • Penjelasan Faktorial, sejenis penjelasan yang menjelaskan efek dan hasil dari suatu proses. Misalnya; efek kolonialisme.

Baca Juga :