Tenaga penggerak  Kapal Purse Seiner.
By: Date: July 17, 2020 Categories: Kucing

Tenaga penggerak  Kapal Purse Seiner.

2.6.1 Mesin utama

Mesin utama (main engine) adalah mesin yang digunakan untuk daya penggerak kapal (mesin pendorong). Pada umumnya mesin kapal standar sudah menggunakan marine engine yang sudah dirancang oleh pabrik mesin untuk dioperasikan di laut yang memiliki daya korosi tinggi. Oleh karena itu jenis mesin ini sudah dirancang untuk bisa menggunakan air pendingin (water cooler) berupa air laut.

Namun dalam kenyataan di lapangan banyak pengusaha penangkapan yang menggunakan mesin non marine dengan alasan harganya lebih murah. Mereka membeli mesin-mesin kendaraan darat eks Singapura yang umurnya masih relatif muda dengan kondisi mesin masih bagus. Misalnya merk-merk terkenal seperti Mitsubhisi, yang merupakan mesin bekas truk maupun bus telah digunakan oleh banyak perahu.

2.6.2          Baling-baling

Baling-baling kapal (propeller) yang apabila berputar di dalam air karena dihidupkannya mesin penggerak menyebabkan kapal bergerak maju ke depan. Laju kecepatan kapal tergantung dari jumlah  putaran mesin per menit (rotation per minute = rpm) sehingga semakin besar putaran mesin yang ditransmisikan ke putaran baling-baling maka kecepatan kapal juga semakin besar.

Jumlah daun baling-baling (blade) bisa 2, 3 atau 4, dengan sudut kemiringan tertentu. Pada umumnya posisi daun baling-baling tersebut adalah tetap (fixed), namun dalam perkembangannya kemiringan sudut daun baling-baling tersebut bisa diubah-ubah (controllable pitch propeller, CPP) sehingga untuk kapal bergerak mundur tidak perlu merubah/membalik arah putaran dari poros baling-baling tetapi cukup merubah sudut dari daun baling-baling ke arah sebaliknya.

Sumber :

https://bloggermuslimah.id/facebook-hapus-sebagian-besar-konten-ekstrimis/