Tips Merawat Mobil Agar Tetap Prima Meski Jarang Digunakan Selama PSBB
By: Date: May 15, 2020 Categories: Otomotif

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat kegiatan masyarakat di luar lokasi tinggal dibatasi. Akibatnya kendaraan darurat jarang digunakan. Oleh karena itu, Otolovers mesti lalkukan sejumlah perawatan supaya kendaraan tetap dalam situasi prima.

Dalam urusan merawat dan mengawal performa kendaraan Anda, khususnya mobil, cukuplah urgen dilakukan. Mengingat situasi kelistrikan dan mesin yang bakal berhenti beroperasi sekitar PSBB akan dilangsungkan dalam jangka masa-masa yang lumayan lama. Tips mengasuh mobil ketika PSBB bertujuan supaya Anda terhindar dari masalah laksana mobil kehabisan tenaga pada aki, ataupun situasi yang lainnya laksana rem mobil yang menjadi lengket.

Melansir dari Merdeka.com, untuk memahami secara lebih rinci sebagai berikut 7 tips mengasuh mobil ketika PSBB supaya mobil kita tetap prima yang dikutip dari Liputan6.com.

1. Hindari Penggunaan Rem Tangan

Tips mengasuh mobil supaya tetap prima yang kesatu dengan hindari pemakaian rem tangan dalam jangka masa-masa yang lama. Rem itu mempunyai mekanisme kontak langsung dengan disc brake pada unsur yang menyangga beban laju kendaraan.

Namun, situasi ruangan garasi yang seringkali lembap dan panas akan mengakibatkan masalah yang tidak baik untuk keawetan situasi pada karet kampas rem. Maka urusan itu ditakutkan dapat mengakibatkan masalah laksana karet menjadi lengket pada disc brake dan bakal macet ketika digunakan. Hal ini akan riskan jika kita tidak menyadarinya tetapi tetap digunakan, karena dapat menyebabkan kecelakaan.

2. Masukkan Tuas Transmisi ke Posisi “P”

Tips mengasuh mobil supaya tetap prima yang berikutnya ialah jika mobil Anda memakai transmisi otomatis atau matic, bakal sangat disarankan untuk memasukkan tuas transmisi mobil kita ke posisi P. atau Parking. Pada ketika mobil kita terparkir dan memasukkan tuas persneling pada posisi itu akan bermanfaat untuk mengunci roda mobil anda supaya tetap aman walaupun tanpa pakai rem tangan.

3. Ganjal Ban Mobil

Jika kita mempunyai mobil dengan transmisi manual. Tips mengasuh mobil supaya tetap prima yang berikutnya dengan mengganjal ban mobil Anda. Apabila pada mobil otomatis bakal otomatis menyangga roda, urusan itu akan bertolak belakang pada transmisi manual.

Tidak adanya fitur Parking pada mobil dengan transmisi manual akan bertolak belakang pada mobil bertransmisi otomatias. Anda bisa mengganjal ban mobil dengan batu atau balok kayu yang lumayan besar, supaya mobil kita tetap berdiam di tempat.

Memang, ada pun yang memasukkan gigi mobil, kemudian sengaja mobil itu dimatikan, tujuannya sebab mobil manual yang pada posisi mati tetapi giginya masuk, maka tidak akan dapat jalan atau bakal stuck di satu tempat. Memang sah-sah saja bila urusan itu dilakukan, tetapi akan riskan dan bisa merusak part-part didalam mesin mobil.

4. Cek dan Tambah Tekanan Angin Pada Ban

Tujuan dari peningkatan tekanan angin pada ban, pasti akan membuat situasi mobil yang tidak lama digunakan supaya dapat tidak jarang kali dalam suasana prima. Dengan mengerjakan penambahan desakan angin pada ban, mobil Anda bakal terhindar dari kehancuran pada ban di sejumlah bagian-bagian tertentu, yang disebabkan oleh tidak meratanya desakan ban lalu diperbanyak dengan penyaluran beban badan mobil yang barangkali tidak sama pada ketika di parkir pada ketika PSBB.

5. Panaskan Mesin dan Nyalakan AC Mobil

Tips mengasuh mobil supaya tetap prima ketika PSBB yang selanjutnya ialah menjaga performa mobil Anda. Rutin memanaskan mobil di ruang terbuka, kemudian nyalakan AC mobil bertujuan supaya saluran pada AC mobil tetap terjaga kondisinya dan tidak jarang kali pada suasana prima.

Paling tidak Otolovers mesti panaskan mobil dua kali dalam seminggu. Lakukan sekitar 20 menit dengan sembari memasuki gas secara perlahan.

6. Parkir pada Lokasi Beratap

Saat kita memarkir mobil, hendaknya parkir pada tempat yang ada atap pada unsur atasnya. Hal ini memiliki tujuan supaya mobil kamu terhindar dari benda-bendar yang terjatuh dari atas, laksana kotoran burung.

Di samping itu, dengan adanya atap bakal menghindarkan cat mobil menjadi kusam. Kusam pada cat mobil Anda bisa terjadi andai mobil Anda terpapar hujan terus menerus dan situasi dingin, kemudian keesokan harinya terpapar panas matahari. Dan andai kondisi itu terus menerus tidak dipedulikan maka akan mengakibatkan penampilan mobil kita menjadi tidak cukup sedap dipandang.

Jika kamu memarkir mobil, tidak boleh juga kita parkirkan mobil pada tempat seperti di bawah pohon. Memang akan lumayan teduh, tetapi akan berbahaya, terutama ketika terjadi hujan deras yang berisiko mengakibatkan pohon tumbang dan bisa menimpa mobil Anda.

7. Gunakan Pelindung Tambahan

Tips mengasuh mobil supaya tetap prima selanjutnya ialah membantu menjaga situasi mobil dari suasana bagian luar. Anda bisa menambahkan selimut mobil. Tujuannya supaya membantu mobil kita tetap bersih dan terhindar dari debu yang bisa menempel pada kaca dan cat mobil. Kondisi itu ditakutkan akan memunculkan jamur pada kaca mobil dan bodi mobil.

Sumber : https://www.scoop.it/topic/narisa-purnama/p/4118446132/2020/05/14/easy-tips-to-buy-a-used-car